FAKTOR-FAKTOR YANG MEMPENGARUHI KINERJA PENGIRIMAN, KUALITAS JASA DAN HARGA DUA PERUSAHAAN JASA DELIVERY DI JAKARTA SELATAN
Abstract
Tujuan Penelitian ini untuk mengetahui perbedaan faktor-faktor yang mempengaruhi kinerja pengiriman, kualitas jasa dan harga antara PT Pos Indonesia (Persero) dan PT Jalur Nugraha Ekakurir (JNE) di Jakarta selatan. Penelitian ini menggunakan pendekatan kuantitatif dengan metode survei. Sebanyak 100 konsumen terpilih sebagai responden berdasarkan probability sampling dengan teknik simple random sampling. Data dianalisis dengan analisis faktor. Hasil penelitian menunjukkan bahwa ada perbedaan kinerja pengiriman, kualitas jasa dan harga antara PT Pos Indonesia (PERSERO) dan PT Jalur Nugraha Ekakurir (JNE). Kinerja pengiriman PT Pos Indonesia (PERSERO) dinilai baik dalam hal fleksibilitas layanan, sedangkan PT Jalur Nugraha Ekakurir (JNE) dinilai baik dalam hal pemanfaatan aset seperti gudang. Kualitas jasa PT Pos Indonesia (PERSERO) dinilai baik dalam hal ketepatan waktu dalam pengiriman, sedangkan PT Jalur Nugraha Ekakurir (JNE) dinilai baik dalam hal jaminan seperti memberikan rasa aman. Harga PT Pos Indonesia dinilai baik karena harga dinilai sesuai dengan kualitas pelayanan, sedangkan PT Jalur Nugraha Ekakurir (JNE) dinilai baik karena harga sesuai dengan manfaat.
References
Butarbutar, M.,Dkk.(2020). Manajemen Pemasaran: Teori dan Pengembangan. Yayasan Kita Menulis.
Fatihudin, D., & Firmansyah, A. (2019). Pemasaran Jasa:(Strategi, Mengukur Kepuasan
Fauzi, A. (2020). Manajemen Kinerja. Airlangga university press.
Hermawan, I. (2019). METOLOGI PENELITIAN PENDIDIKAN KUANTITATIF, KUALITATIF DAN MIXED METHODE. Kuningan: Hidayatul Quran Kuningan.
Indrasari, M. (2019). PEMASARAN DAN KEPUASAN PELANGGAN: pemasaran dan kepuasan pelanggan. Unitomo Press.
Kurniasih, D. (2021). Kepuasan konsumen: studi terhadap word of mouth, kualitas layanan dan citra merek. Bintang Visitama.
Mukhid, A. (2021). Metodologi Penelitian Pendekatan Kuantitatif. Jakad Media Publishing.
Saragih, M. G., Saragih, L., Purba, J. W. P., & Panjaitan, P. D. (2021). Metode Penelitian Kuantitatif: Dasar–Dasar Memulai Penelitian. Yayasan Kita Menulis.
Setyawan, I., Laksono, R., & Gultom, J. R. (2022). Kualitas Layanan Last-Mile Delivery: Studi Komparasi Dua Layanan Pesan-Antar Makanan. Jurnal Ilmiah Universitas Batanghari Jambi, 22(3), 2050–2060. https://doi.org/10.33087/jiubj.v22i3.2692
Sholikah.Dkk, (2021). Manajemen Pemasaran: Saat Ini dan Masa Depan . Cirebon : Insania.
Sugiyono, D. (2013). Metode penelitian pendidikan pendekatan kuantitatif, kualitatif dan R&D.
Copyright (c) 2023 Jihan Ningrum Oktiviani
This work is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License.