ANALISIS FAKTOR-FAKTOR YANG MEMPENGARUHI PENGIRIMAN DAN KUALITAS DUA JASA PERUSAHAAN DELIVERY DI JAKARTA

  • Jakiah Pauji Institut Bisnis dan Informatika (IBI) Kosgoro 1957
Keywords: Pengiriman, Kualitas Jasa, Konsumen

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui faktor-faktor apa saja yang mempengaruhi Pengiriman dan Kualitas Jasa dari JNE dan SiCepat. Pendekatan untuk mencapai tujuan tersebut menggunakan pendekatan kuantitatif dengan metode survei. Analisis data menggunakan teknik analisis faktor. Temuan penelitian ini adalah faktor yang mempengaruhi kualitas pengiriman SiCepat dibentuk oleh faktor keamanan pengiriman (ketelitian sehingga barang tidak tertukar, pengemasan yang baik, keamanan dari kemungkinan barang terjatuh dan tidak dicuri) dan validasi proses pengiriman (pengiriman yang cepat, sistem pengiriman yang baik, selalu tersedia invoice dan bukti pembayaran, adanya resi dan scan barcode). Pada sisi lain, kualitas pengiriman JNE dibentuk oleh satu faktor pengiriman (pengiriman cepat, sistem pengiriman, invoice, bukti pembayaran, resi, scan barcode, barang tidak tertukar, pengemasan, tidak jatuh, dan tidak dicuri). Sementara itu faktor yang mempengaruhi kualitas jasa SiCepat meliputi faktor kemampuan menyelesaikan masalah dan aset perusahaan, sedangkan kualitas jasa  SiCepat hanya membentuk satu faktor yaitu kualitas jasa.

References

Aditya W Utama. (2018). analisis faktor-faktor yang mempengaruhi Penundaan pengiriman barang melalui Jalur laut. Vol 10 no 2 Jurnal Citrai Widya Edukasi hal 97-108

Christopher, Martin. (2011). Logistics and Supply Chain Management. Fourth Edition. Prentice Hall. London.

Gunawan, Herry. (2014). Pengantar Transportasi dan Logistik. Jakarta: RajaGrafindo Persada.

Hasibuan, Abdurrozak.(2021). Manajemen Logistik dan Suply Chain Management, Yayasan Kita.

Lestari, Dian dan Resista Vikaliana. (2021).Analisis Faktor Internal dan Eksternal perusahaan terhadap Penurunan pengiriman barang Kargo di PT. Lintas Maju Nusantara.Vol5 No 2 Jurnal sains Sosio Humaniora.hal 813-822.

Mahmud. (2011). Metode Penelitian Pendidikan. Bandung: Pustaka Setia.

Pandiangan, Syarifudin.2017.Operasional Manajemen Pergudangan panduan pegelolaan Gudang Jakarta : Mitra Wacana Media.

Pramitasari, Hidayahningrum. (2013) Analisis Faktor-faktor yang mempengaruhi kualitas jasa Sistem Informasi terhadap Kepuasan Pengguna Internal pada PT.Link NET Surabaya dalam rangka mendukung perkembangan dan penyerapan materi. UPN Jatim / Thesis / diakses pada tanggal 15 Januari 2022

Setyawan, I., Laksono, R., & Gultom, J. R. (2022). Kualitas Layanan Last-Mile Delivery: Studi Komparasi Dua Layanan Pesan-Antar Makanan. Jurnal Ilmiah Universitas Batanghari Jambi, 22(3), 2050–2060. https://doi.org/10.33087/jiubj.v22i3.2692

Sugiyono. (2012). Memahami penelitian kualitatif. Bandung : Alfabet.

Sugiyono. (2014). Metode Penelitian Pendidikan Pendekatan Kuantitatif, Kualitatif, dan R&D. Bandung: Alfabeta.

Sugiyono. (2015). Metode Penelitian Kuantitatif Kualitatif R&B. Bandung: Aflabeta.

Sugiyono. (2016). Metode Penelitian Kuantitatif, Kualitatif dan R&D. Bandung: Alfabeta.

Sugiyono. (2011). Metode Penelitian Kuantitatif, Kualitatif, dan R&D. Bandung: AFABETA, cv.

Suryanto, Mikael Hang. (2016). Sistem Operasional Manajemen Distribusi. Jakarta:PT.Grasindo.

Tjiptono, Fandy dan Gregorius Chandra, (2016). Service Quality dan Satisfaction, Edisi Keempat. Yogyakarta : Andi.

Widayat. (2018). Statistika Multivariant, Pada Bidang Managemen Dan Bisnis. Malang :UMM Press.

Wijaya, Tony. (2011). Manajemen Kualitas Jasa, Jakarta: PT. Indeks

https://triyantounsoed.wordpress.com/2012/01/15/perencanaan-eksperimen/ diakses pada tanggal 15 Januari 2022

https://www.bisniskurir.com/2021/02/survei-populix-trend-jasa-kurir-pilihan-konsumen-selama-covid19.html?m=1

Published
2023-06-06
How to Cite
Pauji, J. (2023). ANALISIS FAKTOR-FAKTOR YANG MEMPENGARUHI PENGIRIMAN DAN KUALITAS DUA JASA PERUSAHAAN DELIVERY DI JAKARTA. Jurnal Bisnis, Logistik Dan Supply Chain (BLOGCHAIN), 3(1), 18-22. https://doi.org/10.55122/blogchain.v3i1.554