ANALISIS SWOT BAURAN PEMASARAN PADA BUTIK DARA KABUPATEN BREBES
Abstract
Seorang pelaku bisnis diharuskan mengetahui kekuatan dan kelemahan internal serta peluang dan ancaman dari lingkungan eksternal agar mereka dapat memasarkan produknya secara maksimal. Pada penelitian ini, peneliti membatasi penelitian pada peranan analisis SWOT (Strengths, Weaknesses, Opportunities, Treaths). Penelitian dilakukan di Butik Dara, Kabupaten Brebes dengan menggunakan jenis penelitian kualitatif dan metode analisis data deskriptif kualitatif. Dari hasil penelitian diperoleh Strategi SO (Strengths Opportunities) Butik Dara diantaranya terus meningkatkan kualitas produk Butik Dara, memperbarui desain dan model produk mengikuti perkembangan tren Fashion terbaru, memberi penawaran menarik melalui promo atau potongan harga. Strategi ST (Strengths Treaths) Butik Dara diantaranya menetapkan harga yang kompetitif, memperbarui desain dan model produk, menambah jenis produk yang ditawarkan. Strategi WO (Weaknesses Opportunities) Butik Dara diantaranya melakukan efisiensi terhadap perputaran modal, memanfaatkan sosial media sebagai media pemasaran, menambah pilihan metode pembayaran, meningkatkan kualitas tenaga kerja yang ada. Strategi WT (Weaknesses Treaths)Butik Dara diantaranya memperhatikan keamanan dan kenyamanan butik, mendalami dunia bisnis secara khusus dan lebih mendalam, promosi yang lebih menarik dan variatif, membentuk hubungan yang baik dengan pelanggan.
References
Lahamid, Qomariah. Nurlasera. Hambatan dan Upaya Usaha Mikro Kecil Menengah (UMKM) Kreatif Berbasis Syariah di Kota Pekanbaru. Sosial Budaya, Vol. 15, No. 1, 2018.
Lantu, D.C., Triady, M. S., Utami, A. F., & Ghazali, A. Pengembangan Model Peningkatan Daya Saing UMKM di Indonesia : Validasi Kuantitatif Model. Jurnal Manajemen Teknologi, 15(1), 77-93, 2016.
Rahayu, Deny Danar, and Susyenni Wanti. Analisis Strategi Keunggulan Bersaing dengan Pendekatan Analisis SWOT pada Spartan Gym Pekanbaru. JOM Fekon. Vol.1, No. 2, 2014.
Kotler, Philip dan Gary Amstrong, Prinsip-prinsip Pemasaran Edisi 13 Jilid 1. Jakarta: Erlangga, 2016.
Rangkuti, Freddy, ANALISIS SWOT : Teknik Membedah Kasus Bisnis. Jakarta : PT Gramedia Pustaka, 2014.
Kotler, Philip and Kevin Lane Keller, Marketing Management. 15th Edition. Pearson Education: London, 2016.
Arikunto, Suharsimi, Prosedur Penelitian : Suatu Pendekatan Praktek. Jakarta : Rineka Cipta. 2006.