RANCANG BANGUN CHATBOT BERBASIS RULE-BASED SEBAGAI PUSAT INFORMASI CALON MAHASISWA BARU DI UNIVERSITAS NASIONAL
Abstract
Banyak calon mahasiswa baru yang memiliki pertanyaan terkait prosedur pendaftaran. Kurangnya panitia pendaftaran mahasiswa baru menjadikan respons terhadap pertanyaan yang masuk menjadi sangat lama. Hal ini tentu saja akan mempengaruhi keputusan pendaftaran dari calon mahasiswa. Penelitian ini mengusulkan Chatbot sebagai salah satu solusi penyelesaian lamanya respons panitia pendaftaran mahasiswa baru. Chatbot dapat membantu menjawab pertanyaan yang dilakukan oleh calon mahasiswa baru terkait pendaftaran. Pengembangan aplikasi ini dilakukan dengan menggunakan PHP dan MySQL. Chatbot yang dirancang bersifat rule-based dimana Chatbot akan dibuat dengan pengaturan berupa alur percakapan yang didasarkan pada logika if/then. Tahapan penelitian untuk membuat Chatbot adalah dengan melakukan wawancara, pengembangan perangkat lunak dan pengujian. Wawancara dilakukan kepada tim panitia calon mahasiswa baru Universitas Nasional untuk menentukan input atau pertanyaan dari calon mahasiswa baru dan juga jawaban dari pertanyaan tersebut. Sedangkan pengembangan aplikasi Chatbot menggunakan bahasa pemrograman PHP dan MySQL sebagai database. Pengujian menggunakan metode blackbox digunakan untuk memvalidasi respons dari pertanyaan yang diajukan. Aplikasi Chatbot yang dihasilkan dari penelitian ini dapat membantu menjawab pertanyaan dari calon mahasiswa baru seputar pendaftaran di Universitas Nasional.
References
R. Wijanarko and I. Afrianto, “Rancang Bangun Aplikasi Chatbot Media Informasi Parenting Pola Asuh Anak Menggunakan Line,†Matrix J. Manaj. Teknol. dan Inform., vol. 10, no. 1, pp. 1–10, 2020, doi: 10.31940/matrix.v10i1.1805.
A. L. Maitri and J. Sutopo, “Rancangan Bangun Chatbot Sebagai Pusat Informasi Lembaga Kursus Dan Pelatihan Menggunakan Pendekatan Natural Language Processing,†Eprints.Uty.Ac.Id, pp. 1–9, 2019, [Online]. Available: http://eprints.uty.ac.id/
B. Setiaji and F. W. Wibowo, “Chatbot Using a Knowledge in Database: Human-to-Machine Conversation Modeling,†Proc. - Int. Conf. Intell. Syst. Model. Simulation, ISMS, vol. 0, pp. 72–77, Jul. 2016, doi: 10.1109/ISMS.2016.53.
R. r. Benedictus, H. F. Wowor, and A. Sambul, “Rancang Bangun Chatbot Helpdesk untuk Sistem Informasi Terpadu Universitas Sam Ratulangi,†J. Tek. Inform., vol. 11, no. 1, 2017, doi: 10.35793/jti.11.1.2017.16557.
F. Ishlakhuddin, A. Basir, and Nurlaela, “Rancang Bangun Sistem Tanya-jawab Berbasis Aturan STMIK Muhammadiyah Paguyangan Brebes dengan Menggunakan Telegram Chatbot,†J. Inform., vol. 5, no. 3, pp. 100–105, 2020.
M. Murhadi, “Rancang Bangun Aplikasi Chatbot Sebagai Bentuk Pelayanan Prima Untuk Penerimaan Mahasiswa Baru,†INTEK J. Inform. dan Teknol. Inf., vol. 2, no. 1, pp. 10–16, 2019, doi: 10.37729/intek.v2i1.84.
M. Swari, “Sistem Diagnosis Penyakit Gigi dan Mulut menggunakan Kombinasi Case Based Reasoning dan Rule Based Reasoning,†Universitas Gajah Mada, 2014. http://etd.repository.ugm.ac.id/penelitian/detail/74315 (accessed Feb. 07, 2023).
R. Pressman, Software Quality Engineering: A Practitioner’s Approach, vol. 9781118592. 2010. doi: 10.1002/9781118830208.