PENGGUNAAN DIGITAL MARKETING DAN POIN OF SALES (POS) SYSTEM SEBAGAI STRATEGI PENGEMBANGAN USAHA PADA UMKM WARUNG TEGAL KHARISMA BAHARI DI JAKARTA
Abstract
Tujuan penelitian ingin mengetahui efektivitas penggunaan digital marketing dan point of sale sebagai Strategi Pengembangan pada UMKM Warung Tegal Kharisma Bahari di Jakarta. Penelitian menggunakan metode wawancara dan pengamatan langsung di lapangan dengan menggunakan metode deskriptif dan analitikal dengan SWOT (Strenghths, Weaknesses, Opportunities, and Threats) sebagai alat analisis. Faktor-faktor internal dan eksternal juga merupakan bagian dari identifikasi serta analisis strategi dan menganalisis SWOT. Berdasarkan hasil wawancara dilakukan terhadap 4 kepala toko warteg Kharisma Bahari ditemukan bahwa Faktor eksternal yang menjadi kunci; faktor peluang (saluran pemasaran digital yang masih luas melalui medsos maupun web, potensi pembukaan cabang yang mudah, Brand Awarness serta inventory yang mudah diakses); ancaman (harga yang cukup ketat dari pesaing, tumbuhnya kompetitor baru dengan cepat, munculnya konsumen fiktif, penggunaan hosting yang aman) Pada faktor internal yang dapat di identifikasi ; kekuatan (harga sangat terjangkau, pengelola keuangan akurat, konten gambar yang menarik, gratis ongkos kirim, sumber daya manusia yang cukup kompeten); kelemahan (jumlah pesanan yang cenderung sama tiap bulan, calon konsumen yang takut tertipu, banyak konsumen yang sudah memesan lalu membatalkan, belum ada tim khusus untuk digitalisasi, minimnya waktu pelatihan digitalisasi). Hasil analisis strategik penggunaan digital marketing dan point of sale yang telah dilakukan menggunakan matrik Internal Eksternal (IE) posisi pengembangan UMKM warteg kharisma bahari berada pada kuadran I pada wilayah grow and build. Strategi pengembangan akan berfokus kepada (1) Melakukan pembaharuan pada konten secara sustainable, efektif dan efisien, (2) Penggunaan media social dan web design sebagai perluasan sarana pemasaran (3) Meningkatkan kompetensi karyawan terhadap digitalisasi.
References
A. de Kluyver, C., & A.Pearce, J. (2015). Strategic Management:An Executive Perspective [PDF file]. In Strategic Management.
David, F. R. (2016). Manajemen Strategis (E. 15 ID (ed.); 15th ed.). Salema Empat.
Haryanti, S., Mursito, B., & Sudarwati. (2017). Analisis Strategi Pemasaran Digital untuk Meningkatkan Penjualan Produk Batik pada PT. Danar Hadi Surakarta. Journal of Chemical Information and Modeling, 53(9), 144–151.
Islamiyati. (2017). Permasalahan Utama yang Dihadapi Para Pelaku UMKM. https://www.jagoanhosting.com/blog/5permasalahanutama-yang-dihadapi-parapelaku-umkm/
Khamdevi, M., & Nasution, I. (2014). Studi Karakteristik Arsitektur Khas PadaWarungTegalDiJabodetabek. retrievedfromhttp://jurnal.ubl.ac.id/index.php/ja/article/view/529
Kosasi, S. (2015). Perancangan Aplikasi Point of Sale dengan Arsitektur Client/Server Berbasis Linux dan Windows. Creative Information Technology Journal, 1(2), 116. https://doi.org/10.24076/citec.2014v1i2.15
Maulana, A., Sadikin, M., & Izzuddin, A. (2018). Implementasi Sistem Informasi Manajemen Inventaris Berbasis Web Di Pusat Teknologi Informasi Dan Komunikasi – BPPT. Setrum : Sistem Kendali-Tenaga-Elektronika-Telekomunikasi-Komputer, 7(1), 182. https://doi.org/10.36055/setrum.v7i1.3727
Raharja, S. J., & Natari, S. U. (2021). Pengembangan Usaha Umkm Di Masa Pandemi Melalui Optimalisasi Penggunaan Dan Pengelolaan Media Digital. Kumawula: Jurnal Pengabdian Kepada Masyarakat, 4(1), 108. https://doi.org/10.24198/kumawula.v4i1.32361
Raya. (2021). Rancang bangun Sistem Poin of Sales ( POS ) Berbasis Web Pada CV EGO MOTORSPORT.
Rengganawati, H., & Taufik, Y. (2020). Analisis Pelaksanaan Digital Marketing pada UMKM Tahu Rohmat di Kuningan. Jurnal Komunikasi Universal, 6(1), 28–50. https://doi.org/10.38204/komversal.v6i1.496
Ryan, D. (2014). Understanding Digital Marketing (G. Britain (ed.)). Kogan Page Limited.
Statistik, B. P. (2021). Buku Data Statistik Sektoral Provinsi DKI Jakarta Tahun 2020.
Verma, D. (2018). A Critical Review of Digital Marketing Digital Marketing View project Financial Reforms View project. 8(10), 321–339.
Copyright (c) 2022 Rudi Laksono, Junias Robert Gultom
This work is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License.