Analisis Pengaruh Sosial Media Marketing dan Harga terhadap Keputusan Pembelian pada Toko Khalillah Mall Thamrin City Jakarta Pusat
Abstract
Penelitian ini memiliki tiga tujuan utama, yaitu: 1).Untuk menyelidiki pengaruh pemasaran media sosial terhadap keputusan pembelian. 2).Untuk mengetahui pengaruh harga terhadap keputusan pembelian. 3). Untuk mengidentifikasi pengaruh pemasaran media sosial dan harga terhadap keputusan pembelian produk dari Toko Khalillah. Teknik pengambilan sampel yang digunakan dalam penelitian ini adalah teknik Non-probability Sampling dengan metode Purposive Sampling. Sebanyak 70 responden yang merupakan konsumen Toko Khalillah menjadi sampel penelitian. Hasil penelitian menunjukkan bahwa social media marketing memiliki pengaruh signifikan dan positif terhadap keputusan pembelian. Hubungan antar variabel kuat dan positif. Dihasilkan pengaruh social media marketing terhadap keputusan pembelian sebesar 50,7%. Sedangkan sisanya yang 49,6% lagi dipengaruhi faktor lain. harga memiliki dampak yang signifikan dan positif terhadap keputusan pembelian. Selain itu, hubungan antara harga dan keputusan pembelian juga memiliki korelasi yang kuat dan positif. Harga memberikan kontribusi sebesar 38,6% terhadap keputusan pembelian, sementara 61,4% sisanya dipengaruhi oleh faktor-faktor lain yang tidak tercantum. social media marketing dan harga memiliki pengaruh yang signifikan terhadap keputusan pembelian di Toko Khalillah. Hubungan antara social media marketing dan harga dengan keputusan pembelian juga kuat dan positif. Social media marketing dan harga memberikan kontribusi sebesar 54,1% terhadap keputusan pembelian di Toko Khalillah di Mall Thamrin City, Jakarta Pusat, sedangkan 45,9% sisanya dipengaruhi oleh faktor-faktor lain yang tidak tercantum.
References
Adi Tristanto, T., Nugraha, N., Waspada, I. ., Mayasari, M., & Sukaesih Kurniati, P. . (2023). Sustainability performance impact of corporate performance in Indonesia banking. Journal of Eastern European and Central Asian Research (JEECAR), 10(4), 668–678. https://doi.org/10.15549/jeecar.v10i4.1364
Andriyanty, R., & Dewi, D. U. (2021). CINTA PRODUK DALAM NEGERI GENERASI MUDA INDONESIA SOCIAL FACTORS AFFECTING “ DOMESTIC PRODUCT LOVE LIFESTYLE †AWARENESS OF INDONESIAN YOUNG GENERATION Reny Andriyanty Program Studi Manajemen , Fakultas Ekonomi Institut Bisnis dan Informatika ( IBI ) Kosg. Sosio Informa, 7(1), 31–45.
Andriyanty, R., Hasibuan, A. N., & Rambe, D. (2020). Penerapan Model Pengembangan Jiwa Kewirausahaan Bagi Murid Sekolah Dasar Negeri 11 Lenteng Agung Jakarta Selatan. Jurnal Pengabdian Teratai, 1(1), 1–17. http://ejournal-ibik57.ac.id/index.php/teratai/article/view/18
Kotler, Philip Keller, Kevin, L. (2012). Manajemen Pemasaran Jilid I (12th ed.). Erlangga.
Laksono, R., & Gultom, J. R. (2022). Penggunaan Digital Marketing Dan Poin of Sales (Pos) System Sebagai Strategi Pengembangan Usaha Pada Umkm Warung Tegal Kharisma Bahari Di Jakarta. Mediastima, 28(1), 1–10. https://doi.org/10.55122/mediastima.v28i1.383
Laksono Rudi, Gultom Junias, I. S. (2022). View of Efek e-word of mouth terhadap keputusan mahasiswa baru memilih perguruan tinggi.pdf (pp. 40–53). Mediastima. https://doi.org/https://doi.org/10.55122/mediastima.v29i1.702
Tjiptono, F. (2011). Strategi Pemasaran (3rd ed.). CV Andi Offset.
Wahyudi, M. A., & Rahmadi, Z. T. (2023). The Influence of Digitalization , Religiusity and Product Quality on Purchase Decisions of Korean Packaged Food and Beverage Products. https://doi.org/10.4108/eai.17-12-2022.2333267
Copyright (c) 2023 Riri Oktaviani, Rudi Laksono
This work is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License.