PELATIHAN TEKNOLOGI JARINGAN KOMPUTER DAN MANAJEMEN KEHUMASAN BAGI SISWA-SISWI SMK PEMBANGUNAN JAYA YAKAPI
Abstract
SMK Pembangunan Jaya YAKAPI, yang terletak di kota Pasar Minggu, adalah salah satu SMK terbaik di Jakarta Selatan yang menghasilkan siswa yang unggul, bermartabat, dan bersemangat untuk berwirausaha. Karena Revolusi Industri 4.0 semakin maju, sekolah harus mengikuti perkembangan teknologi jaringan komputer. Siswa SMK Pembangunan Jaya YAKAPI menghadapi kendala dalam pengembangan teknologi ini. Mereka hanya diminta untuk melakukan praktik jaringan komputer secara teoritis. Siswa harus memahami Hubungan Masyarakat (HUMAS). HUMAS adalah bagian penting dari penyelenggaraan pendidikan. Pada dasarnya, keberadaan humas adalah membangun reputasi, yang merupakan aset penting yang harus dimiliki oleh lembaga sebagai bukti keberadaannya. HUMAS adalah bagian penting dari penyelenggaraan pendidikan. Keberadaan humas pada dasarnya ialah membangun reputasi, yang merupakan aset penting bagi setiap organisasi dan merupakan bukti keberadaan dan kualitasnya. Kegiatan Pengabdian kepada Masyarakat (PkM) ini bertujuan untuk mengajarkan siswa SMK Pembangunan Jaya YAKAPI keterampilan manajemen hubungan masyarakat dan konfigurasi jaringan komputer. Metode pelaksanaan PkM dimulai dari observasi, wawancara hingga pelaksanaan pelatihan kepada siswa-siswi. Hasil pelaksanaan dari semua kegiatan didapat bahwa pelatihan program pengabdian masyarakat kepada siswa-siswa berjalan dengan baik dan hasil kuesioner kepuasan peserta sebesar 83% memuaskan.
References
Aziz, A., Komara, M., Fauzan, S., Maulani, W., & Akbar, R. T. M. (2021). Strategi bimbingan belajar dan pengenalan teknologi informasi dalam menghadapi pendidikan di masa pandemi. Proceedings UIN Sunan Gunung Djati Bandung, 32(32), 87–101. https://proceedings.uinsgd.ac.id/index.php/Proceedings
Bisnis, H. F. E. dan. (2019). REVOLUSI INDUSTRI 4.0 MENJADI BOOMING. BAHAYA ATAUKAH MENGGEMBIRAKAN? https://feb.uad.ac.id/revolusi-industri-4-0-menjadi-booming/
Darmayanti, I. A. M., Artika, I. W., Nurjaya, I. G., Astika, I. M., & Tantri, A. A. S. (2022). Pelatihan Kehumasan dan Keprotokolan Bagi Aparatur Desa di Wilayah Das Banyumala, Kabupaten Buleleng. Jurnal Widya Laksana, 11(2), 297–305. https://doi.org/10.23887/jwl.v11i2.42496
Hidayat, S., Silvanie, A., Rifiyanti, H., Syah, S., & Kurniawan, A. (2023). Bimbingan Teknis Perancangan Jaringan dan Keamanan Internet bagi Siswa SMK. Surya Abdimas, 7(3), 442–449. https://doi.org/10.37729/abdimas.v7i3.3179
Machdum, D. M., & Ardhianto, E. (2020). Analisis Belajar Daring Pada Pandemi Covid-19 Di Jurusan Sistem Informasi Institut Bisnis Dan Informatika Kosgoro 1957. Jurnal Sistem Informasi Bisnis (JUNSIBI), 1(2), 96–103. https://doi.org/10.55122/junsibi.v1i2.177
Marsya, U., Faladhin, J., & Martina, D. (2018). Pelatihan Manajemen Kehumasan Sekolah Bagi Sekolah Menengah Kejuruan (Smk) Negeri 4 Pekanbaru. Jurnal Pengabdian UntukMu NegeRI, 2(2), 21–27. https://doi.org/10.37859/jpumri.v2i2.827
Mohammad Imron, Dwi Krisbiantoro, & Primandani Arsi. (2021). Peningkatan Kompetensi Bagi Siswa Melalui Pelatihan dan Pendampingan Jaringan Komputer Pada Sekolah Menengah Kejuruan Ma’arif NU 1 Karanglewas Purwokerto. Dinamisia : Jurnal Pengabdian Kepada Masyarakat, 5(3), 545–551. https://doi.org/10.31849/dinamisia.v5i3.3993
Copyright (c) 2023 Nuraini Purwandari, Mayang Riyantie, Aris Fatoni, Junias Robert Gultom, Dastriyanti
This work is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License.