PENINGKATAN KOMPETENSI MASYARAKAT DALAM MENGEMBANGKAN PEMASARAN E-COMMERCE DI DKI JAKARTA

  • Muliyati Muliyati Institut Bisnis dan Informatika (IBI) Kosgoro 1957
  • Syamsul Bachri Institut Bisnis dan Informatika (IBI) Kosgoro 1957
Keywords: Pemasaran E-Commerce, Kualitas Pelayanan, Citra dan Brand

Abstract

Pemasaran merupakan seni dan ilmu pengetahuan dalam memelihara hubungan baik dengan pelanggan dalam menciptakan nilai yang unggul. Pemasaran merupakan tempat pertemuan antara  pembeli dan penjual untuk memenuhi kebutuhannya baik dalam jumlah yang banyak maupun dalam jumlah sedikit.  Kualitas pelayanan yang diberikan hendaknya selalu memberikan kesan yang baik sehingga  dapat tertanam  di benak pelanggan.  Tujuan pengabdian ini adalah meningkatkan pengetahuan pada masyarakat  tentang pemasaran E-Commerce. Model atau pendekatan pemecahan masalah yang dilakukan dalam pengabdian masyarakat berupa penyuluhan dalam rangka peningkatan kompetensi masyarakat dalam pemasaran E-Commerce. Output  yang dicapai yaitu bertambahnya ilmu pengetahuan dan peningkatan kemampuan pada target sasaran dalam menggunakan dan memanfaatkan E-Commerce untuk menunjang kegiatan seperti melakukan promosi dan transaksi jual beli.  Hambatan yang ditemukan dalam pelaksanaan kegiatan adalah adanya pemberlakuan peraturan Gubernur tentang pelarangan berkumpul bersama karena adanya Covid-19 yang sedang mewabah di DKI Jakarta, sehingga interaksi secara langsung kepada binaan sulit dilakukan

References

Akbar and Parvez . 2011. Can Service Quality, Trust, and Customer Satisfaction Engender Customers Loyalty.

Apriadi, Deni dan Saputra, A. Y., 2017. ECommerce Berbasis Marketplace dalam Upaya Mempersingkat Distribusi Penjualan Hasil Pertanian. Jurnal RESTI Vol. 1 No. 2. Lubuklinggau: STMIK Bina Nusantara Jaya.

Jauhari, Jaidan. 2010. Upaya Pengembangan Usaha Kecil dan Menengah dengan Memanfaatkan e-Commerce. Jurnal Sistem Informasi (JSI) Vol. 2, No. 1 . Palembang : Fakultas Ilmu Komputer Universitas Sriwijaya

Kotler, Philip. Thomas Hayes & Paul N. Bloom, 2015, Marketing Professional Services: For Ward-Thinking Strategies for Boosting Your Business, Your Image, and Your Profits. Second Edition. Prentice Hall Press.

Kotler, Philip, 2011, Marketing Management: Analysis, Planning, Implementation, and Control, 9th Ed., Englewood

Lovelock, Christopher dan Lauren Wright. 2010. Principles of Service Marketing and Management. Pearson Education, Inc: Upper Saddle River, New Jersey.

Muliyati, 2018. Pengaruh Manajemen Relasi Pelanggan dan Kualitas Pelayanan yang Dirasakan Terhadap Citra Serta Implikasinya pada Kepercayaan Pelanggan untuk Memilih Hotel Bintang Empat dan Lima di DKI Jakarta. UKRIDA, Jakarta.

Published
2021-06-30
How to Cite
Muliyati, M., & Bachri, S. (2021). PENINGKATAN KOMPETENSI MASYARAKAT DALAM MENGEMBANGKAN PEMASARAN E-COMMERCE DI DKI JAKARTA. Jurnal Pengabdian Teratai, 2(1), 34-41. https://doi.org/10.55122/teratai.v2i1.214