PENINGKATAN KEMAMPUAN BERBISNIS DI MARKETPLACE BAGI MUSLIMAH MAJELIS TAQORRUB ILALLAH (MTI) BEKASI MELALUI PELATIHAN DIGITAL MARKETING

  • Aris Fatoni Institut Bisnis dan Informatika (IBI) Kosgoro 1957
  • Iwan Setyawan Institut Bisnis dan Informatika (IBI) Kosgoro 1957
  • Muhamad Rafli Institut Bisnis dan Informatika (IBI) Kosgoro 1957
  • Faisal Aji Nugroho Institut Bisnis dan Informatika (IBI) Kosgoro 1957
Keywords: Pelatihan, Online, Digital Marketing, Majelis Taqorrub Ilallah

Abstract

Kegiatan pelatihan ini ditujukan untuk anggota organisasi Majelis Taqorrub Ilallah, khususnya anggota perempuan (muslimah) yang beralamat di Jl. Walet  No. 101 RT. 06 RW. 02 Mekarsari Kec. Tambun Selatan Kab. Bekasi 17510. Tujuan program pengabdian kepada masyarakat ini adalah 1) memberikan edukasi mengenai berbisnis di marketplace, 2) mengenalkan konsep digital marketing, 3) Melatih membuat konten marketing yang menarik sesuai konsep Marketing 4.0. Metode pelaksanaan kegiatan; pertama, dilakukan pre test. Kedua, pembekalan tentang pengetahuan dasar bisnis secara offline maupun online, digital marketing dan pelatihan membuat konten marketing digital yang menarik sesuai konsep Marketing 4.0. Ketiga, tanya jawab dan diskusi. Keempat, melakukan post test. Luaran PKM setelah terdapat peningkatan jumlah peserta yang menggunakan platform online. Peserta yang menggunakan platform online WhastApp menjadi 15 orang atau 100%, Instagram berjumlah 7 orang atau 47%, Website berjumlah 1 orang atau 7%, Facebook berjumlah 4 orang atau 57% dan marketplace berjumlah 7 orang atau sebesar 47%.

References

Rachmadi, Tri. (2020). The Power Of Digital Marketing. Penerbit: TIGA Ebook.

Molenaar, C. (2016). The End of Shops. In The End of Shops. : social buying and the battle for the customer, Surr.ey : Gower Publishing Limited.

Park, C. H., & Kim, Y. G. (2003). Identifying key factors affecting consumer purchase behavior in an online shopping context. International Journal of Retail & Distribution Management, 31(1), 16–29.

https://iprice.co.id/insights/mapofecommerce/ diakses 3 Maret 2021

https://katadata.co.id/desysetyowati/digital/5fdc64a2e1186/google-ungkap-alasan-50-pengusaha-perempuan-belum-berjualan-online diakses 5 Maret 2021

Published
2021-12-21
How to Cite
Fatoni, A., Setyawan, I., Rafli, M., & Nugroho, F. (2021). PENINGKATAN KEMAMPUAN BERBISNIS DI MARKETPLACE BAGI MUSLIMAH MAJELIS TAQORRUB ILALLAH (MTI) BEKASI MELALUI PELATIHAN DIGITAL MARKETING. Jurnal Pengabdian Teratai, 2(2), 114-123. https://doi.org/10.55122/teratai.v2i2.310