PENINGKATAN KEMAMPUAN BERBISNIS DI MARKETPLACE BAGI MUSLIMAH MAJELIS TAQORRUB ILALLAH (MTI) BEKASI MELALUI PELATIHAN DIGITAL MARKETING
Abstract
Kegiatan pelatihan ini ditujukan untuk anggota organisasi Majelis Taqorrub Ilallah, khususnya anggota perempuan (muslimah) yang beralamat di Jl. Walet No. 101 RT. 06 RW. 02 Mekarsari Kec. Tambun Selatan Kab. Bekasi 17510. Tujuan program pengabdian kepada masyarakat ini adalah 1) memberikan edukasi mengenai berbisnis di marketplace, 2) mengenalkan konsep digital marketing, 3) Melatih membuat konten marketing yang menarik sesuai konsep Marketing 4.0. Metode pelaksanaan kegiatan; pertama, dilakukan pre test. Kedua, pembekalan tentang pengetahuan dasar bisnis secara offline maupun online, digital marketing dan pelatihan membuat konten marketing digital yang menarik sesuai konsep Marketing 4.0. Ketiga, tanya jawab dan diskusi. Keempat, melakukan post test. Luaran PKM setelah terdapat peningkatan jumlah peserta yang menggunakan platform online. Peserta yang menggunakan platform online WhastApp menjadi 15 orang atau 100%, Instagram berjumlah 7 orang atau 47%, Website berjumlah 1 orang atau 7%, Facebook berjumlah 4 orang atau 57% dan marketplace berjumlah 7 orang atau sebesar 47%.
References
Rachmadi, Tri. (2020). The Power Of Digital Marketing. Penerbit: TIGA Ebook.
Molenaar, C. (2016). The End of Shops. In The End of Shops. : social buying and the battle for the customer, Surr.ey : Gower Publishing Limited.
Park, C. H., & Kim, Y. G. (2003). Identifying key factors affecting consumer purchase behavior in an online shopping context. International Journal of Retail & Distribution Management, 31(1), 16–29.
https://iprice.co.id/insights/mapofecommerce/ diakses 3 Maret 2021
https://katadata.co.id/desysetyowati/digital/5fdc64a2e1186/google-ungkap-alasan-50-pengusaha-perempuan-belum-berjualan-online diakses 5 Maret 2021
Copyright (c) 2021 Aris Fatoni, Iwan Setyawan, Muhamad Rafli, Faisal Aji Nugroho
This work is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License.