BIMBINGAN TEKNIS PENGEMBANGAN STRATEGI SOCIAL MEDIA MARKETING PADA UMKM DI DAERAH JAGAKARSA JAKARTA SELATAN

  • Filda Angellia Institut Bisnis dan Informatika (IBI) Kosgoro 1957
  • Iswahyu Pranawukir Institut Bisnis dan Informatika (IBI) Kosgoro 1957
  • Maria Jashinta Elisabet Hamboer Institut Bisnis dan Informatika (IBI) Kosgoro 1957
  • Mayang Riyantie Institut Bisnis dan Informatika (IBI) Kosgoro 1957
  • Romli Romli Institut Bisnis dan Informatika (IBI) Kosgoro 1957
  • Nur Desilawati Institut Bisnis dan Informatika (IBI) Kosgoro 1957
  • Rezzi Nanda Barizki Institut Bisnis dan Informatika (IBI) Kosgoro 1957
Keywords: Vlog, Bisnis, Teknologi, Social Media, UMKM

Abstract

Kemajuan teknologi informasi menyebabkan perubahan iklim bisnis yang sangat drastis. Penerapan teknologi merupakan upaya untuk memberi jalan kemudahan dan mengurangi waktu yang digunakan dalam operasional bisnis. Teknologi Informasi dan komunikasi yang merupakan media pendukung bisnis yang terdiri dari hardware dan software membutuhkan kecakapan penggunanya dalam pemanfaatan media tersebu. UMKM (Usaha Mikro Kecil Menengah) yang merupakan komponen ekonomi saat ini turut andil dalam membangun perekonomian melalui kegiatan ekonomi produktif melalui penggunaan teknologi yang ada. Peningkatan kapasitas bisnis UMKM di wilayah Jagakarsa Jakarta Selatan dapat melalui penggunaan dan pemanfaatan sosial media. Kegiatan (PKM) Pengabdian Kepada Masyarakat yang dapat mendukung para pelaku UMKM adalah berupa bimbingan teknis pada para pelaku UMKM untuk membangun strategi bisnis. Hasil yang sangat diharapkan pada kegiatan ini berupa keilmuan yang akan meningkatkan knowledge dan skill dalam memanfaatkan social media marketing yang menunjang pemasaran dan penjualan.

References

Sudirman, A. (Acai ), Alaydrus, S. (Syafika), Rosmayati, S. (Siti), Syamsuriansyah, S. (Syamsuriansyah), Nugroho, L. (Lucky), Arifudin, O. (Opan), … Rijal, K. (Khairul). (2020). Perilaku Konsumen Dan Perkembangannya Di Era Digital. Widina Bhakti Persada Bandung. Retrieved from www.penerbitwidina.comIndonesia), A. (Asosiasi P. I. (2016). Penetrasi dan Perilaku Pengguna Internet Indonesia.

Triton PB. 2006. Mengenal Dunia ECommerce dan Bisnis di Dunia Cyber. Yogyakarta: Argo Publisher

Apriyadi, Deni dkk. 2017. E-commerce Berbasis Marketplace dalam Upaya Mempersingkat Distribusi Penjualan Hasil Pertanian. Jurnal RESTI Vol. 1 No. 2 ISSN: 2580- 0760

Sukwadi, Ronald dkk. 2016. Perilaku Konsumen dalam Pemilihan Online Shop Instagram. Jurnal Metris (Universitas Katolik Indonesia Atma Jaya). ISSN: 1411-3287 Taryadi dkk. 2015. Analisis Tingkat Kesiapan Adopsi E-marketpalce UMKM Batik di Kota Pekalongan. Jurnal Litbang Vol. 8

Kartajaya, Hermawan.2010. Connect Surfing New Wave Marketing. Jakarta: Kompas Gramedia.

Firmansyah, Boy. 2020. Pengembangan Strategi UMKM Berbasis Digital Untuk Membangun Mental Technopreneur, Jakarta: Prisani Cendekia.

Agung, Andreas. 2021 . The Fundamental of Digital Marketing. Jakarta: Elex Media Komputindo

Dosrinal. 2012. Yakin Bisa dari Nothing jadi Something. Jakarta: Penebar Swadaya Group.

Suyaman, Dede Jajang. 2012. Kewirausahaan dan Industri Kreatif. Bandung: PT. Alfabeta.

Published
2022-12-29
How to Cite
Angellia, F., Pranawukir, I., Elisabet Hamboer, M., Riyantie, M., Romli, R., Desilawati, N., & Barizki, R. (2022). BIMBINGAN TEKNIS PENGEMBANGAN STRATEGI SOCIAL MEDIA MARKETING PADA UMKM DI DAERAH JAGAKARSA JAKARTA SELATAN. Jurnal Pengabdian Teratai, 3(2), 130-134. https://doi.org/10.55122/teratai.v3i2.616