WORKSHOP MENULIS UNTUK ANAK-ANAK USIA DI BAWAH 16 TAHUN DI JAKARTA PUSAT

  • Achmad Suhendra Hadiwijaya Institut Teknologi dan Bisnis Ahmad Dahlan
Keywords: Workshop, Menulis, Anak-Anak, Usia 16 Tahun

Abstract

Kemampuan menulis sangat penting dalam  menunjang masa depan. Tidak ada sebuah kegiatan yang dilakukan tanpa adanya menulis. Menulis bisa bermakna merekam kejadian, menuangkan ide di dalam pikiran. Namun, tidak semua kalangan bisa menulis yang efektif. Menulis yang efektif bisa dilakukan sejak dini terutama bagi anak usia sekolah. Untuk menumbuhkan kecintaan terhadap menulis untuk kalangan anak-anak diadakan kegiatan workshop menulis bagi anak-anak usia di bawah 16 tahun. Metode dilakukan kegiatan presentasi, tanya jawab dan pembuatan artikel. Adapun tujuan dari pelatihan ini untuk memberikan pengertian tentang pentingnya menulis dan manfaat menulis dan metode simpel menulis. Hasilnya, 80% peserta/target dari total 100 peserta meningkat signifikan kemampuan menulis dalam berbagai kategori, yakni kategori fiksi maupun non fiksi.

References

FAUZI, S. N. M. (2021). Penerapan Metode Mengubah Teks Wawancara Menjadi Karangan Narasi Untuk Meningkatkan Kemampuan Berbahasa Inggris Siswa Kelas VIII A Mts Negeri 2 Purbalingga Semester Gasal Tahun Pelajaran 2019/2020. LANGUAGE : Jurnal Inovasi Pendidikan Bahasa Dan Sastra, 1(1), 1–13. https://doi.org/10.51878/language.v1i1.354

Fransiska Usal Knaofmone. (2022). Upaya Meningkatkan Kemampuan Menulis Karangan Argumentasi pada Siswa Kelas VII SMP Negeri Satu Atap Nunhala. Multiverse: Open Multidisciplinary Journal, 1(3), 108–117. https://doi.org/10.57251/multiverse.v1i3.756

Mariati, M. (2019). Meningkatkan Keterampilan Menulis Narasi Siswa Berbantuan Media Gambar Seri Di Kelas Vi Sd Negeri 025 Teluk Binjai Kecamatan Dumai Timur. JURNAL PAJAR (Pendidikan Dan Pengajaran), 3(3), 455. https://doi.org/10.33578/pjr.v3i3.7072

Maryati, M., & Sunloy, P. B. (2020). Peningkatan Kemampuan Menulis Paragraf Narasi Melalui Discovery Learning. Jurnal Holistika, 4(1), 5. https://doi.org/10.24853/holistika.4.1.5-8

Meliasanti, F., Karawang, U. S., Widawati, R., & Indonesia, U. P. (2016). Bahasa Indonesia di Perguruan Tinggi Scanned by CamScanner. juli, 9.

Negeri, S., Jl Ahmad Yani No, K., & Tenggara -Indonesia, S. (2021). Meningkatkan Kemampuan Menulis Teks Cerita Fantasi dengan Model Pembelajaran Discovery Learning pada Siswa Kelas VII C SMP Negeri 4 Kendari, 2, 176–185.

Ramadhan, G., & Indihadi, D. (2020). Peningkatan Keterampilan Menulis Teks Narasi Non-Fiksi Melalui Gambar Seri di Sekolah Dasar. PEDADIDAKTIKA: Jurnal Ilmiah Pendidikan Guru Sekolah Dasar, 7(2), 178–188. https://doi.org/10.17509/pedadidaktika.v7i2.24928

Sunarsih, E. (2016). Penerapan Model Pembelajaran Project Based Learning (Pjbl) Untuk Meningkatkan Keterampilan Menulis Teks Berita Pada Siswa Kelas VIII SMP Negeri 16 Singkawang. JP-BSI (Jurnal Pendidikan Bahasa Dan Sastra Indonesia), 1(2), 65. https://doi.org/10.26737/jp-bsi.v1i2.92

Utara, B., Pebrinda, E., Arifin, M., & Ariesta, R. (2021). PENERAPAN MODEL PEMBELAJARAN QUANTUM UNTUK MENINGKATKAN KEMAMPUAN MENULIS TEKS PERSUASIF SISWA KELAS VIII A SMP NEGERI 46 Bengkulu Utara , p…. 5(2), 142–156.

Yuliana, A. (2022). Peningkatan Kemampuan Menulis Narasi Melalui Model CIRC (Cooperatif Integrated Reading and Composition) pada siswa kelas V Sekolah Dasar Negeri 060849 Karang Berombak Kecamatan Medan Barat Tahun Ajaran 2020/2021. Mahaguru: Jurnal Pendidikan Guru Sekolah Dasar, 3(2), 26–31. https://doi.org/10.33487/ mgr.v3i2.4147

Wiyanto, A. (2016) Terampil Menulis Paragraf. Jakarta:

Published
2023-06-17
How to Cite
Hadiwijaya, A. (2023). WORKSHOP MENULIS UNTUK ANAK-ANAK USIA DI BAWAH 16 TAHUN DI JAKARTA PUSAT. Jurnal Pengabdian Teratai, 4(1), 37-45. https://doi.org/10.55122/teratai.v4i1.769