BIMBINGAN TEKNIS WIRAUSAHA BERBASIS DIGITAL UNTUK KOMUNITAS PRAPENSIUN PT. KOPINDO CONSULT

  • Waskita Cahya Institut Bisnis dan Informatika (IBI) Kosgoro 1957
  • Filda Angellia Institut Bisnis dan Informatika (IBI) Kosgoro 1957
  • Achmad Fauzi Institut Bisnis dan Informatika (IBI) Kosgoro 1957
  • Erdiek Ardhianto Institut Bisnis dan Informatika (IBI) Kosgoro 1957
  • Ghanistantiono Dwi H Institut Bisnis dan Informatika (IBI) Kosgoro 1957
  • Astried Silvanie Institut Bisnis dan Informatika (IBI) Kosgoro 1957
  • Amanda Arista Institut Bisnis dan Informatika (IBI) Kosgoro 1957
Keywords: Bimbingan Teknis, Digital, Prapensiun, Teknologi, Wirausaha

Abstract

Masa purna bakti atau pensiun adalah masa di mana seorang karyawan tidak bertugas lagi karena masa tugasnya telah berakhir dan merupakan penghargaan atas kinerja dan dedikasi selama dia bertugas. Pada masa pensiun setiap pensiunan memiliki tunjangan pensiun atau pesangon. Oleh karenanya, para karyawan yang akan menjalani masa purna bakti perlu menyiapkan bekal diri baik secara mental maupun kemampuan, serta berbagai keterampilan yang dapat dimanfaatkan sebagai modal dalam fase baru hidupnya. Dalam fase prapensiun tersebut para karyawan membutuhkan bimbingan untuk mempersiapkan diri memasuki masa pensiun tersebut. Bimbingan Teknis ini diberikan setiap tahunnya kepada kalangan prapensiun. Untuk itu diperlukan suatu kegiatan pembekalan guna memfasilitasi para karyawan mendapatkan bimbingan menyeluruh untuk persiapan masa pensiunnya. Kegiatan tersebut dapat berupa kegiatan bimbingan teknis. Terkait hal tersebut maka diadakan bimbingan teknis wirausaha berbasis digital untuk komunitas prapensiun di PT. Kopindo Consult sebagai bagian dari fasilitas bagi para karyawan yang akan memasuki tahap prapensiun.

References

Arasli, H., Saydam, M. B., & Kilic, H. (2020). Cruise travelers’ service perceptions: A critical content analysis. Sustainability (Switzerland), 12(17). https://doi.org/10.3390/SU12176702Arievitch, I. M. (2020). Reprint of: The vision of Developmental Teaching and Learning and Bloom’s Taxonomy of educational objectives. Learning, Culture and Social Interaction, 27, 100473. https://doi.org/10.1016/j.lcsi.2020.100473

Ayvaz-Tuncel, Z., & Tuncel, İ. (2019). Good teacher perceptions of students attending the pedagogical formation certificate program. International Journal of Evaluation and Research in Education, 8(1), 165–172. https://doi.org/10.11591/ijere.v8i1.17093

Biancolella, M., Colona, V. L., Mehrian-Shai, R., Watt, J. L., Luzzatto, L., Novelli, G., & Reichardt, J. K. V. (2022). COVID-19 2022 update: transition of the pandemic to the endemic phase. In Human Genomics (Vol. 16, Issue 1). BioMed Central Ltd. https://doi.org/10.1186/s40246-022-00392-1

Brewster, R. K., Sundermann, A., & Boles, C. (2020). Lessons learned for COVID-19 in the cruise ship industry. Toxicology and Industrial Health, 36(9), 728–735. https://doi.org/10.1177/0748233720964631

Fatimah, A. (2018). Pedagogik Matematika di Sekolah Vokasi.

Lazarides, R., Watt, H. M. G., & Richardson, P. W. (2020). Teachers’ classroom management self-efficacy, perceived classroom management and teaching contexts from beginning until mid-career. Learning and Instruction, 69. https://doi.org/10.1016/j.learninstruc.2020.101346

Logunova, N., Kalinkina, S., Lazitskaya, N., & Tregulova, I. (2020). Specifics of cruise tourism and features of creating a cruise tourism product. E3S Web of Conferences, 217. https://doi.org/10.1051/e3sconf/202021705005

Maksum, H. (2019). BUKU MODEL PENDIDIKAN VOKASI OTOMOTIF (PVO) an. Hasan Maksum & Wawan Purwanto.

Morar, C., Tiba, A., Jovanovic, T., Valjarević, A., Ripp, M., VujiÄić, M. D., Stankov, U., Basarin, B., Ratković, R., Popović, M., Nagy, G., Boros, L., & Lukić, T. (2022). Supporting Tourism by Assessing the Predictors of COVID-19 Vaccination for Travel Reasons. International Journal of Environmental Research and Public Health, 19(2), 918. https://doi.org/10.3390/ijerph19020918

Nurtanto, M., Kholifah, N., Masek, A., Sudira, P., & Samsudin, A. (2021). Crucial problems in arranged the lesson plan of vocational teacher. International Journal of Evaluation and Research in Education (IJERE), 10(1), 345. https://doi.org/10.11591/ijere.v10i1.20604

Setyobudi, B. (2021). Peran Pelatihan dan Pengembangan dalam Meningkatkan Kinerja Dosen di Perguruan Tinggi. In Website: Journal (Vol. 7, Issue 2).

Ujir, H., Salleh, S. F., Marzuki, A. S. W., Hashim, H. F., & Alias, A. A. (2020). Teaching workload in 21<sup>st</sup> century higher education learning setting. International Journal of Evaluation and Research in Education (IJERE), 9(1), 221. https://doi.org/10.11591/ijere.v9i1.20419

Vahlepi, S., & Wulan Tersta, F. (2021). Implementasi Model Pembelaaran berbasis Case Method dan Project Based Learning dalam rangka mengakomodir Higher Order Thinking Skill mahasiswa dalam.

Wacker, C. (2019). How Educators’ Perspectives Shape Student Success. Teaching Channel.

Wolff, C. E., Jarodzka, H., & Boshuizen, H. P. A. (2021). Classroom Management Scripts: a Theoretical Model Contrasting Expert and Novice Teachers’ Knowledge and Awareness of Classroom Events. Educational Psychology Review, 33(1), 131–148. https://doi.org/10.1007/s10648-020-09542-0

Published
2023-06-23
How to Cite
Cahya, W., Angellia, F., Fauzi, A., Ardhianto, E., H, G., Silvanie, A., & Arista, A. (2023). BIMBINGAN TEKNIS WIRAUSAHA BERBASIS DIGITAL UNTUK KOMUNITAS PRAPENSIUN PT. KOPINDO CONSULT. Jurnal Pengabdian Teratai, 4(1), 83-89. https://doi.org/10.55122/teratai.v4i1.793