PENERAPAN TEKNOLOGI CLOUD UNTUK MENDORONG PEMASARAN UMKM BISNIS KULINER DI KELURAHAN SRENGSENG SAWAH JAGAKARSA
Abstract
Pelaku UMKM sektor kuliner di Kelurahan Srengseng Sawah memiliki keterbatasan dalam hal promosi. Mereka hanya mengandalkan promosi dari mulut ke mulut. Mereka memiliki smartphone namun belum dapat menggunakannya sebagai alat promosi. Promosi dan UMKM adalah dua hal saling berhubungan yang sifatnya saling menunjang. Dengan pemanfaatan teknologi digital seharusnya UMKM dapat berkembang dengan baik. Kegiatan pengabdian ini dilakukan berdasarkan hasil penelitian yang dilakukan Silvanie, dkk pada tahun 2020, menyatakan bahwa teknologi informasi yang dikembangkan dapat digunakan sebagai penyimpan informasi mengenai pelaku bisnis UMKM, alat pencari (search engine) UMKM lokal dalam jarak terdekat dengan posisi pengguna internet, memfasilitasi UMKM untuk menjadi mitra melalui sistem membership. Adapun perancangan aplikasi menggunakan diagram Unified Modified Language (UML). Metode kegiatan yang akan dilakukan dalam program ini adalah penyuluhan dan pelatihan pemanfaatan teknologi cloud melalui smartphone yang dimiliki para pelaku UMKM sektor kuliner. Pelaksanaan kegiatan pengabdian kepada masyarakat ini dinyatakan berhasil karena ada peningkatan rata-rata peningkatan pemahaman peserta pengabdian sebesar 16,4 persen.
References
Andriyanty, R. (2021). Analisis Strategi Pengembangan Bisnis UMKM Warteg Sekitar Kampus IBI Kosgoro 1957 Jakarta. Mediastima, 27(1), 82–95.
Andriyanty, R., Aras, M., Nur Afuani, S., & Nurfallah, A. (2020). Strategi Pengembangan Bisnis Rumah Makan Padang Di Sekitar Lingkar Kampus Ibi Kosgoro 1957. Mediastima, 26(1), 18–39.
Andriyanty, R., Hasibuan, A. N., Rambe, D., Wahab, D., Widayati, E., Yunas, H., Damayanty, P., Laksono, R., & Rambey, T. (2020a). Penerapan Model Pengembangan Jiwa Kewirausahaan Bagi Murid Sekolah Dasar Negeri 11 Lenteng Agung Jakarta Selatan. Jurnal Pengabdian Teratai, 1(1), 1–17. https://kemenperin.go.id.
Andriyanty, R., & Lestari, D. (2022). Analisis Strategi Bisnis Online Shop Hitz_Twinzshop. Mediastima, 28(1), 23–41. ttps://doi.org/10.55122/mediastima.v28i1.395
Andriyanty, R., & Wahab, D. (2021a). Pelatihan Smart-Plant-Gardening Bagi Karang Taruna. Ethos: Jurnal Penelitian Dan Pengabdian Kepada Masyarakat, 9(2), 274–287. https://doi.org/
Andriyanty, R., & Wahab, D. (2021b). Pelatihan Smart-Plant_Gardening Bagi Karang Taruna saat Pandemi Covid-19. Ethos: Jurnal Penelitian Dan Pengabdian Kepada Masyarakat, 9(2), 274–287. https://doi.org/
Andriyanty, R., Yunaz, H., Wahab, D., Rambey, T., & Masnang, A. (2020). Marketing Management Skill of Mangosteen Farmer. International Journal of Innovative Science and Research Technology, 5(8). www.ijisrt.com
Bank Indonesia & LPPI. (2015). Profil Bisnis Usaha Mikro, Kecil dan Menengah (UMKM).
de Oliveira, D. T., & Cortimiglia, M. N. (2017). Value co-creation in web-based multisided platforms: A conceptual framework and implications for business model design. Business Horizons, 60(6), 747–758. https://doi.org/10.1016/j.bushor.2017.07.002
Harisman, Andriyanty, R., & Hasibuan, A. N. (2023). Pengelolaan Kredit Usaha Bagi Usaha Mikro dan Kecil Pemula di Setu Babakan Kecamatan Jagakarsa. JPM (Jurnal Pemberdayaan Masyarakat), 8(1), 72–80. https://doi.org/10.21067/jpm.v8i1.7308
Kamarul Zaman, R., Andriyanty, R., & Nurdin Hasibuan, A. (2022). Peningkatan Pemahaman Pera Koperasi Bagi Pengusaha Pemula UMKM Setu Babakan di Kecataman Jagakarsa. BAKTI BANUA: Jurnal Pengabdian Kepada Masyarakat, 3(2), 76–83. https://ejurnal.stimi-bjm.ac.id/index.php/BBJM/
Masnang, A., Andriyanty, R., Hendri, A., & Djannah, A. (2019a). Pembinaan Kelompok Tani Untuk Optimalisasi Lahan Sempit Berbasis Konservasi Tanah. ETHOS (Jurnal Penelitian Dan Pengabdian), 7(1), 18–27. https://doi.org/10.29313/ethos.v7i1.3853
Masnang, A., Andriyanty, R., Hendri, A., & Djannah, A. (2019b). Pembinaan Kelompok Tani Untuk Optimalisasi Lahan Sempit Berbasis Konservasi Tanah. ETHOS (Jurnal Penelitian Dan Pengabdian), 7(1), 18–27. https://doi.org/10.29313/ethos.v7i1.3853
Purwandari, N., Cahya, W., Fauzi, A., Firmansyah, B., Silvanie Akbar, A., & Ardhianto, E. (2023). PELATIHAN PERANCANGAN BASIS DATA BAGI SISWA-SISWI SMK KESUMA BANGSA 2 DEPOK 1*. Jurnal Pengabdian Dharma Laksana Mengabdi Untuk Negeri, 5(2), 437–444.
Puteri, K., & Silvanie, A. (2020). Machine Learning Untuk Model Prediksi Harga Sembako Dengan Metode Regresi Linier Berganda. JUNIF: Jurnal Nasional Informatika, 1(2), 82–94. www.data.jakarta.go.id.
Silvanie, A., Kristantini, R. A., & Permana, D. S. (2023). Perancangan Platform Digital untuk Promosi Usaha Mikro Kecil dan Menengah (UMKM) berdasarkan Geolokasi dengan Google API. Remik: Riset Dan E-Jurnal Manajemen Informatika Komputer, 7(1). https://doi.org/10.33395/remik.v7i1.11982
Yoshino, N., & Taghizadeh-Hesary, F. (2016). ADBI Working Paper Series Major Challenges Facing Small and Medium-sized Enterprises in Asia and Solutions for Mitigating Them. http://www.adb.org/publications/major-
Zaman, R. K., & Andriyanty, R. (2022b). Analisis Pengembangan UMKM Terhadap Kesejahteraan Nasional. Mediastima, 28(2), 96–114. https://doi.org/10.55122/mediastima.v28i2.437
Zaman, R. K., Andriyanty, R., & Nurdin, A. (2022). Peningkatan Kesadaran Berbangsa dan Bernegara pada Pemuda Karang Taruna Srengseng Sawah Jakarta Selatan. Jurnal Pengabdian Teratai, 3(1), 75–85.
Copyright (c) 2023 Astried Silvanie, Reny Andriyanty, Ahmad Nurdin Hasibuan, Hanif Rizqi Oktaviado
This work is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License.