@FROZYLAND.ID’S MARKETING COMMUNICATION IN BUILDING BRAND AWARENESS

  • Nuriyati Samatan Universitas Nasional
  • Sri Setya Handayani Universitas Gunadarma
  • Hana Michelle Karina Universitas Gunadarma
Keywords: Strategi, Komunikasi Pemasaran, Frozyland, Instagram, Kesadaran Merek

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk menentukan komunikasi pemasaran @frozyland.id dalam membangun kesadaran merek. Penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif dengan melakukan observasi, dokumentasi, dan wawancara dengan empat sumber. Teknik validitas data menggunakan triangulasi sumber. Penelitian ini menunjukkan bahwa strategi komunikasi pemasaran yang dilakukan oleh Frozy Land melalui Instagram dalam membangun kesadaran merek menggunakan prinsip pemasaran campuran dan lima elemen bauran promosi, yaitu acara dan pengalaman, hubungan masyarakat dan publisitas, pemasaran online dan media sosial, penjualan pribadi, serta penjualan langsung. Penelitian ini menunjukkan bahwa strategi komunikasi pemasaran digital yang paling efektif adalah dengan membuat konten harian melalui Instagram menggunakan fitur-fitur yang ada seperti Instagram Stories, reels, feeds, dan live Instagram. Pemasaran produk dengan menggunakan strategi komunikasi mampu membangun kesadaran merek. Penelitian ini menganalisis strategi komunikasi pemasaran @frozyland.id dengan menggunakan teori pemasaran komunikasi terintegrasi yang menjelaskan strategi komunikasi pemasaran yang digunakan untuk membangun kesadaran merek.

References

Adiwijaya, Michael; McGuinness, Erin; Cary, John C. (2021). The Centrality of Brand Awareness, Petra International Journal of Business Studies, Vol. 4(2): 109-121. DOI: 10.9744/ijbs.4.2.109-121

Ahmadi, Mubarok. (2020). Dampak Perkembangan New Media pada Pola Komunikasi Masyarakat, Alamtara: Jurnal Komunikasi dan Penyiaran Islam, Vol. 4(1): 26-37).

Ananda, Tarisa Aulia; Dewi, Nabilla Kusuma; & Saleh, Mohamad Zein. (2023). Fenomena Perubahan Strategi Pemasaran dalam Menghadapi Tantangan di Era Digital, Jurnal Publikasi Ilmu Manajemen (JUPIMAN), Vol.2(4), 98-107. DOI: https://doi.org/10.55606/jupiman.v2i4.2738

Bakator, Mihalj; ÄorÄ‘ević, Dejan; & Ćoćkalo, Dragan. (2018). Brand Awareness and its Influence on Markets and Consumers’purchase Intentions in Serbia, Ekonomika Preduzeća, Vol. 67(7-8): 483-492. DOI:10.5937/EKOPRE1908483B.

Bogdan dan Taylor. 1975. Metodologi Penelitian Kualitatif. Bandung: Remaja Karya.

Eru, Oya. (2020). Digital Marketing Suggestions for Companies, pp. 93-114, Book Chapter, in book: Business Management and Communication Perspectives in Industry 4.0, by: Tunç, Ayşegül Özbebek; & Aslan, Pınar [Ed.], Istanbul Turkey: IGI Global's InfoSci

Goodstat. (2020). Usaha Kuliner di Indonesia dalam Bingkai Statistik, diakses pada 04 Mey 2024, melalui: https://goodstats.id/article/lebih-dari-10000-usaha-kuliner-ada-di-indonesia-bagaimana-statistiknya-OTIU5

Herdiyani, Sankist; Barkah, Cecep Safa’atul; Auliana, Lina; & Sukoco, Iwan. (2022). Peranan Media Sosial dalam Mengembangkan suatu Bisnis: Literature Review, Jurnal Administrasi Bisnis [JAB], Vol. 18(2): 103-121. https://doi.org/10.26593/jab.v18i2.5878.103-121

Kitchen, Philip J. & Proctor, Tony. (2015). ,"Marketing communications in a post-modern world", Journal of Business Strategy, Vol. 36(5): 34 – 42. https://doi.org/10.1108/JBS-06-2014-0070. Emeral Insight.

Kotler, P. (1999). 'Marketing Management: Analysis, Planning, Implementation, and Control,' Prentice Hall.

Kotler, Philip & Kevin L. Keller. 2016. Marketing Management. United States: Pearson Education.

Kotler, Pilip & Gary, Armstrong. (2001). Prinsip-prinsip Pemasaran. Alih Bahasa Imam Nurmawan Jakarta: Erlangga.

Latif, Wasib B.; Islam, Md Aminul; & Mohd Noor, Idris. (2014). Building Brand Awareness in the Modern Marketing Environment: A Conceptual Model, International Journal of Business and Technopreneurship, Vol. 4(1): 69-82.

Morissan. 2010. Periklanan: Komunikasi Pemasaran Terpadu. Jakarta: Kencana.

Putri, Faradina Aulia & Samatan, Nuriyati. (2020). Strategi Komunikasi Pemasaran The Goods Dept Untuk Menarik Pembeli Millenial (Studi Pada The Goods Dept Pondok Indah Mall). Jurnal Ilmiah Muqoddimah, Vol. 4(1): 1-6.

Putri, Kinkin Yuliaty Subarsa; Prananingrum, Elisabeth Nugrahaeni; & Safirti, Dini. (2018). Literasi Media Baru Dan Budaya Baru Di Masyarakat Indonesia, Conference: Seminar Nasional Dies Fisip Unsoed Ke 34: Media, Budaya, dan Politik di Era Milenial, di Purwokerto.

Raja, Jesika Juita Lumban; Fauziah, Sumainah. (2023). Pengembangan Produk Dengan Kegiatan Branding Untuk Meningkatkan Pemasaran Pada UMKM Batik Apik Kota Blitar, SEWAGATI: Jurnal Pengabdian Masyarakat Indonesia, Vol. 2(3): 81-90. DOI: https://doi.org/10.56910/sewagati.v2i3.796

Riofita, Hendra; Arimbi; Rifky, M.Guntur; Salamah, Lala Raudatul; Asrita, Rona; & Nurzanah, Siti. (2024). Perubahan Strategi Pemasaran Dalam Menghadapi Tantangan Pasar Konsumen di Era Digital, Jurnal Ekonomi Manajemen Dan Bisnis, Vol. 1(3), 21-26. DOI: https://doi.org/10.62017/jemb

Samatan, Nuriyati. 2018. Riset Komunikasi II. Jakarta: Penerbit Gunadarma.

Shwastika, Regina; & Keni. (2021) The Effect of Brand Awareness, Social Media Marketing, Perceived Quality, Hedonic Motivation, and Sales Promotion Towards Consumers Intention to Purchase in Fashion Industry, Proceedings of the International Conference on Economics, Business, Social, and Humanities (ICEBSH 2021), Advances in Social Science, Education and Humanities Research, volume 570: 23-31.

Sitorus, A.S. (2022). “Pendahuluan dan Konsep Dasar Merekâ€, dalam Sudirman, A. [Ed.], Brand Marketing: The Art of Branding, Bandung: CV. Media Sains Indonesia.

Sudirman, A. (2022). Brand Marketing: The Art of Branding, Bandung: CV. Media Sains Indonesia.

Sugiarto; Durianto, D.; & Sitinjak, T. (2017). Strategi Menaklukan Pasar Melalui Riset Ekuitas dan Perilaku Merek. Jakarta: Gramedia Pustaka Utama.

Sugiyono. 2017. Metode Penelitian Kuantitatif, Kualitatif, dan R&D. Bandung: CV Alfabeta.

Tarnovskaya, V. & Bertilsson, J. [Eds.], (2017). Brand Theories - Perspectives on Brands and Branding, Publisher: Studentlitteratur.

TPBO. (2015). Philip Kotler on Place Marketing, Branding and Why We Need to Rethink Capitalism, diakses pada 04 Mey 2024, melalui: https://placebrandobserver.com/interview-philip-kotler/

Yurder, Yigit & Akdol, Buket. (2020). Social Media as a Communication Channel, pp. 115-131, Book Chapter, in book: Business Management and Communication Perspectives in Industry 4.0, by: Tunç, Ayşegül Özbebek; & Aslan, Pınar [Ed.], Istanbul Turkey: IGI Global's InfoSci.

Published
2024-11-01
How to Cite
Samatan, N., Handayani, S., & Karina, H. (2024). @FROZYLAND.ID’S MARKETING COMMUNICATION IN BUILDING BRAND AWARENESS. KOMUNIKATA57, 5(2), 86-96. https://doi.org/10.55122/kom57.v5i2.1282
Section
Articles