STRATEGI KREATIF PESAN IKLAN BLU BY BCA VERSI “THE UWISE BROTHERS”

  • Fadhli Noor Alam Universitas Islam Bandung
  • Radisya Eka Putri Universitas Islam Bandung
  • Bintang Loantara Sasongko Universitas Islam Bandung
  • Ferry Darmawan Universitas Islam Bandung
Keywords: Makna Iklan, Pemasaran Kreatif, Blu by BCA, Iko Uwais

Abstract

Perusahaan kini beralih dari beriklan di media konvensional ke metode pemasaran alternatif yang menempatkan iklan di lokasi yang unik. Iklan kreatif dan strategis bertujuan untuk mencapai efektivitas dalam menyampaikan pesan periklanan. Penelitian ini mengeksplorasi makna iklan "The Uwise Brothers" dari Blu by BCA, dengan berfokus pada strategi kreatif pesan iklan yang menggunakan aktor ahli bela diri asal Indonesia yang sudah go-internasional, dan namanya di’pleset’kan menjadi tema iklan. Penelitian ini bertujuan untuk memahami bagaimana elemen-elemen semiotik dalam iklan berkontribusi pada strategi kreatif pesan iklan. Melalui metode penelitian kualitatif dengan pendekatan semiotika, penelitian ini menganalisis adegan demi adegan dari iklan tersebut, termasuk narasi iklan. Hasil penelitian menunjukkan representamen berupa simbol-simbol visual dan dialog yang menggambarkan situasi dan interaksi antara karakter-karakter utama. Objek dalam setiap adegan mengacu pada latar tempat dan karakter-karakter yang terlibat. Sementara interpretant mencakup pemahaman tentang pesan-pesan tersembunyi, hubungan antar karakter, dan nilai-nilai yang disampaikan melalui interaksi mereka. Strategi kreatif diterapkan melalui penggunaan nama aktor sebagai jangkar dalam menyampaikan pesan-pesan produk sehingga memiliki kekuatan pengingat dalam benak audiens.

References

Astuti, Dina Putri Juni. (2020). Semiotika Pantun Minang pada Masyarakat Minangkabau Kota Bengkulu. DISASTRA: Jurnal Pendidikan Bahasa dan Sastra Indonesia. Vol 2 (1): 43-49.

Ardia, Velda, dkk. (2020). ANALISIS SEMIOTIKA IKLAN GOJEK VERSI “CERDIKIAWANâ€. KAIS Kajian Ilmu Sosial. Vol 1 (2): 71-79.

Dara, Adinda Rita dan Muchlis. (2019). ANALISIS SEMIOTIKA DALAM IKLAN SHOPEE 12.12 BIRTHDAY SALE EDISI BLACKPINK. Jurnal Ilmu Komunikasi. Vol 9 (2): 101-113.

Fauzi, Andika Miftah dan Dede Lilis Chaerowati. (2023). Representasi Kepemimpinan dalam Kelompok pada Film Series. Bandung Conference Series: Communication Management. Vol 3 (1): 459-469.

Ghiffari, Ahmadijaya dan Nathanael Adimulia Sabian. (2023). ANALISA MAKNA YANG TERKANDUNG DALAM PUISI PENDEKATAN SEMIOTIKA. Jurnal Ilmiah Dan Karya Mahasiswa. Vol 1 (1): 35-39.

Hamboer, Maria Jashinta Elisabet, dan Iswahyu Pranawukir. (2020). Analisis Semiotik Tiga Foto Essay Pekan Ini Pada Surat Kabar Kompas. KOMUNIKATA: Vol 1 (1): 1-14.

Hartono, Dudi dan Asep Sugalih. (2019). Makna Simbol Senyum Pada Iklan Lay’s Di Televisi (Analisis Semiotika Charles Sanders Pierce). Jurnal PERSPEKTIF Komunikasi, 3(1).

Mareta, Yessi Andari Putri. (2022). Strategi Kreatif Pesan Iklan BRImo edisi Septian David Maulana. LENSA, 16 (1), 26-42.

Mirza, Mochammad, dan Mad Yoman. (2023). IMPLEMENTASI CYBER PUBLIC RELATIONS PERSIKOTA TANGERANG DALAM MEMPERTAHANKAN CITRA MELALUI MEDIA SOSIAL INSTAGRAM @persikotafc1994. KOMUNIKATA: Vol 4 (1): 1-7.

Pradana, D., Hudayah, S., & Rahmawati, R. (2018). Pengaruh harga kualitas produk dan citra merek BRAND IMAGE terhadap keputusan pembelian motor. KINERJA, 14(1), 16.

Ramdhani, Ridho dan Yudistira Setia Nugraha. (2023). Analisis Semiotika Puisi “Hatiku Selembar Daun†Karya Sapardi Djoko Damono. KHIRANI: Jurnal Pendidikan Anak Usia Dini. Vol 1 (1): 41-49.

Nur Fadillah , Shania Nasla Sounvada. (2020). Analisis Semiotika Iklan Wardah Cerita “Kita Tak Sendiri†Episode 4. Visual Heritage: Jurnal Kreasi Seni dan Budaya. Vol. 2 (3): 1-3

Risi, Alfa dan Zulkifli. (2022). Kajian Semiotika Ilustrasi Digital Karya Agung Budi Santoso(Pendekatan Semiotika Roland Barthes). MAVIS : Jurnal Desain Komunikasi Visual. Vol 4 (2): 47-55

Rukin. Metodelogi Penelitian Kualitatif. Sulawesi: Yayasan Ahmar Cendikia Indonesia. 2019.

Saraswati, Karin, dkk. (2020). Efektivitas Iklan “@kamaliabeauty x tasyafarasya lipswatch†pada Instagram Beauty Influencer Tasya Farasya. JURNAL E-KOMUNIKASI. Vol 8 (2): 1-8.

Sinarawati, Shofi Sotya dan Indar Sabri. (2023). SIMBOLISASI BUNGA MAWAR DALAM PERTUNJUKAN PANTOMIM “BEAUTYANDTHEBEASTâ€KARYASHERLLYCINDYAFRANCISCA (TINJAUAN SEMIOTIKA CHARLES SANDERS PIERCE). Jurnal Seni Drama Tari dan Musik. Vol 6 (1): 43-50.

Sudarsih, S., & Widisuseno, I. (2023). Pentingnya Bersikap Bijak Dalam Bersosial Media. Harmoni: Jurnal Pengabdian Kepada Masyarakat, 7(2), 111–115.

Agustin, Aulia dkk. .(2023) Alisis Semiotika Rol Tika Roland Bar And Barthes Pada Kualitas Layanan Iklan Tike An Tiket.Com Versi Sen .Com Versi Senyum Pariwisa Ariwisata Indonesia. Vol.5(1): 3-4.

Suwendra, I Wayan. Metodologi Penelitian Kualitatif dalam Ilmu Sosial, Pendidikan, Kebudayaan, dan Keagamaan. Bali: NILACAKRA. 2018, .

Puteri, BDY. (2017). Analisis Semiotik pada IklanIklan Aqua di Media Televisi. Jurnal Ilmiah Bahasa Sastra dan Pembelajarannya, 4(1), 160-176

Tingkir, C. F. (2014). Pengaruh Identitas Merek terhadap Loyalitas Merek Melalui Citra Merek dan Kepercayaan Merek Toyota. Jurnal Manajemen Pemasaran, 63.Yuwita, M. R. (2023). Analisis Semiotika Charles Sanders Peirce Pada Simbol Rambu Lalu Lintas Dead End. 3(1).

Pranawukir, Iswahyu, dkk. (2024). Representasi Perempuan Dalam Stand Up Comedy (Analisis Semiotika Pierce dalam Tayangan Annie Yang). Jurnal SEMIOTIKA, Vol 18 (1): 26-39.

Toruan, Mescha Ayu Bernadette L, dan Retno Dyah Kusumastuti. (2022). Representasi Stereotip Perempuan Dalam Film Pendek “Tilik†Karya Wahyu Agung Prasetyo. KOMUNIKATA57: Vol 3 (1): 1-9.

Published
2024-11-03
How to Cite
Alam, F., Putri, R., Sasongko, B., & Darmawan, F. (2024). STRATEGI KREATIF PESAN IKLAN BLU BY BCA VERSI “THE UWISE BROTHERS”. KOMUNIKATA57, 5(2), 212-223. https://doi.org/10.55122/kom57.v5i2.1318
Section
Articles