NILAI-NILAI MODERASI BERAGAMA DALAM PROGRAM RELIGI DAMAI INDONESIAKU TVONE
Abstract
Keberagaman merupakan realitas bangsa Indonesia bahkan sebelum negara ini didirikan. Semangat ini kemudian terwujud dalam motto "Bhinneka Tunggal Ika" dan dirumuskan dalam prinsip ketiga Pancasila, yaitu "Persatuan Indonesia." Salah satu aspek keberagaman di Indonesia adalah keberagaman dalam hal agama. Terdapat berbagai agama, dan dalam setiap agama tersebut juga terdapat keragaman aliran. Media massa, termasuk televisi, memiliki tanggung jawab sosial untuk membantu menjaga keberagaman dalam semangat persatuan melalui program-program yang mereka sajikan. Saat ini, hampir semua stasiun televisi, terutama yang memiliki siaran nasional, memiliki program-program keagamaan. Pertanyaannya adalah apakah program-program keagamaan ini mengusung semangat keberagaman dan mengandung nilai-nilai moderasi agama. "Damai Indonesiaku" adalah program keagamaan yang disiarkan di TVOne sejak 13 Februari 2008. Program ini menyajikan dakwah tentang ayat-ayat Al-Qur'an dengan cara yang menarik dan ringan. Program "Damai Indonesiaku" juga menayangkan berbagai tema keagamaan yang disampaikan oleh Kyai, Ustadz, Habaib, dan Ustadzah dari seluruh Indonesia, yang disiarkan secara langsung di studio atau dalam roadshow di berbagai lokasi Masjid Agung di seluruh Indonesia. Artikel ini menjelaskan sembilan nilai moderasi agama dalam program-program keagamaan di televisi Indonesia dengan menggunakan metode analisis konten. Hasilnya, program-program keagamaan di televisi Indonesia, khususnya program "Damai Indonesiaku," secara umum mengandung sembilan nilai moderasi agama.
References
Abdullah, A., & Puspitasari, L. (2018). Media Televisi Di Era Internet. ProTVF, 2(1), 101. https://doi.org/10.24198/ptvf.v2i1.19880
Abror, M. (2020). Moderasi beragama dalam bingkai toleransi. Rusydiah: Jurnal Pemikiran Islam, 1(2), 143-155.
Ahmad, J. (2018). Desain penelitian analisis isi (Content analysis). Research Gate, 5(9), 1-20.
Aini, N., & Aulia, I. (2022). Melawan Intoleransi dan Ekstremisme Media Sosial: Inovasi Kampanye Moderasi Beragama Kanal Youtube Labpsa Tv. Jurnal Sosiologi Agama Indonesia (JSAI), 3(1), 69-81.
Al-Hakim, L. (2020). Konstruksi Realitas Simbolik Makna “Islam Damai†dalam Program Damai Indonesiaku TVone. Universitas Islam Negeri Syarif Hidayatullah Jakarta.
Alkuba, R. I. I. (2020). Televisi dan Agama: Komodifikasi Siaran Acara Agama (Analisis Wacana Program Acara Damai Indonesiaku) [Universitas Diponegoro Semarang]. http://eprints.undip.ac.id/81435/
Dianto, I. (2021). Moderasi Beragama melalui Film Animasi: Peluang dan Tantangan pada Generasi Digital. Nalar: Jurnal Peradaban dan Pemikiran Islam, 5(2), 93-108.
Eriyanto. (2011). Analisis Isi : Pengantar Metodologi untuk Penelitian Ilmu Komunikasi dan ilmu-ilmu sosial lainnya. Kencana.
Fadila, S. (2023). Implementasi regulasi pengawasan Komisi Penyiaran Indonesia terhadap tayangan Religi Damai Indonesiaku di Tvone: Studi deskriptif terhadap Komisi Penyiara Indonesia Pusat (Doctoral dissertation, UIN Sunan Gunung Djati Bandung).
Fasadena, N. S. (2023). Strategi Produksi Program Penyiaran KHAS TV dalam Mempromosikan Nilai-Nilai Moderasi Beragama. Sahafa Journal of Islamic Communication, 6(1), 97-106.
Fatih, M. K., & Anam, K. (2020). Pesan Dakwah Moderasi Beragama Dalam Program Muslim Travelers NET TV Tahun 2020. Alamtara: Jurnal Komunikasi Dan Penyiaran Islam, 4(2), 114-120.
Fitrahudin, A. Z. (2015). Analisis Isi Pesan Dakwah Program Khazanah Islam Trans 7 dan Mozaik Islam di Trans TV di Bulan Ramadhan 1435 H.
Fitri, A. N. (2022). Moderasi Beragama dalam Tayangan Anak-anak; Analisis Isi Tayangan Nussa dan Rara Episode Toleransi. Jurnal SMART (Studi Masyarakat, Religi, Dan Tradisi), 8(1), 129-146.
Herawati, A. (2016). Analisis Isi Pesan Edukasi Dalam Tayangan Kartun Animasi Adit Sopo Jarwo di MNC TV (Bachelor's thesis, FAKULTAS ILMU DAKWAH DAN ILMU KOMUNIKASI UNIVERSITAS ISLAM NEGERI SYARIF HIDAYATULLAH JAKARTA 1437 H/2016 M).
Hermawati, D. D. (2021). Pengaruh Tayangan Program Dakwah Damai Indonesiaku di TV One Terhadap Tingkat Kesadaran Nilai Islami Masyarakat Muslim Kelurahan Sukatani Kota Depok Jawa Barat (Bachelor's thesis, Fakultas Dakwah dan Ilmu Komunikasi Universitas Islam Negeri Syarif Hidayatullah Jakarta).
Iskandar, D. (2022). METODOLOGI PENELITIAN KUALITATIF: Petunjuk Praktis Untuk Penelitian Lapangan, Analisis Teks Media, Dan Kajian Budaya. Maghza Pustaka.
Junaedi, E. (2019). Inilah moderasi beragama perspektif Kemenag. Harmoni, 18(2), 182-186.
Mubarok, M., & Mulyadi, U. (2022). NILAI-NILAI KEBANGSAAN DALAM PROGRAM TAYANGAN RELIGI DI STASIUN TELEVISI. Jurnal Studi Komunikasi dan Media, 26(1), 71-80.
Nifasri, Riyanto, W. F., & Suryadi, R. A. (2021). 20 Tahun Pusat Kerukunan Umat Beragama : Kiprah dalam Penguatan Kerukunan dan Moderasi Beragama di Indonesia (M. Nuruzzaman & P. T. Galle (eds.)). Pusat Kerukunan Umat Beragama (PKUB).
Padiatra, A. M. (2022). Belajar Toleransi dari Animasi: Penanaman Nilai-Nilai Moderasi Beragama dalam Serial Kartun Upin-Ipin. Journal of Animation and Games Studies, 8(2), 125-146.
Ridesta, V., Aulia, N., Zaidah, A. H., Hastuti, N. P., Maryunah, M., & Fakhrurozi, F. (2022). MODERASI BERAGAMA BERBASIS MASJID: ANALISIS KONTEN KANAL YOUTUBE-TV MASJID ISTIQLAL JAKARTA. Academic Journal of Islamic Principles and Philosophy, 3(2), 167-194.
Safitri, A. Analisis Wacana Moderasi Beragama Di Tvmu (Bachelor's thesis, Fakultas Dakwah dan Ilmu Komunikasi Universitas Islam Negeri Syarif Hidayatullah Jakarta).
Saifuddin, L. H. (2023). Moderasi Beragama : Tanggapan Atas Masalah, Kesalahpahaman, Tuduhan, dan Tantangan yang dihadapinya (H. Rahman (ed.); Cetakan ke). Yayasan Saifuddin Zuhri.
Sobur, A. (2013). Semiotika Komunikasi. Remaja Rosdakarya.
Sobur, A. (2015). Analisis Teks Media : Suatu Pengantar untuk Analisis Wacana, Analisis Semiotik, dan Analisis Framing. Remaja Rosdakarya.
Tabroni, R., Rifai, A., Wibawa, A. T., Malik, D. A., & Hunafa, Z. D. (2023). MENGKAJI PESAN DAKWAH DALAM PROGRAM RELIGI DI TELEVISI DIGITAL. Tatar Pasundan: Jurnal Diklat Keagamaan, 17(1), 12-32.
Copyright (c) 2024 Tariq Yazid, Mokhamad Mahfud, Ihya Ulumuddin
This work is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License.