MODEL CYBER PUBLIC RELATIONS PADA WEBSITE SMAN7BKS.SCH.ID DALAM MENUNJANG KOMUNIKASI SEKOLAH DAN MASYARAKAT

  • Alifiah Ghaniyyu Widyaningrum Universitas Mercu Buana
  • Dewi Ambarsarri Universitas Mercu Buana
  • Dwi Firmansyah Universitas Mercu Buana
Keywords: Cyber Public Relations, Media Sosial, Website Sekolah

Abstract

Di era digital saat ini, teknologi informasi dan media sosial telah menjadi bagian tak terpisahkan dari kehidupan sehari-hari, termasuk di sektor pendidikan. Sekolah-sekolah kini semakin memanfaatkan berbagai platform digital untuk meningkatkan komunikasi dan interaksi dengan masyarakat. Salah satu strategi efektif yang digunakan adalah menerapkan Model Cyber Public Relations (CPR) pada website sekolah SMAN 7 Bekasi (sman7bks.sch.id) adalah contoh yang nyata. Melalui platform digitalnya, sekolah ini tidak hanya menyampaikan informasi tentang kegiatan sekolah, tetapi juga membangun hubungan yang lebih baik dengan berbagai pihak, seperti siswa, orang tua, alumni, dan masyarakat umum. Pendekatan ini tidak hanya melibatkan penggunaan teknologi informasi dan media sosial, tetapi juga menerapkan konsep manajemen PR yang terstruktur berdasarkan teori yang telah ada. Penerapan Model CPR di website SMAN 7 Bekasi bertujuan untuk meningkatkan komunikasi antara sekolah dan masyarakat serta memperkuat citra sekolah di mata publik. Langkah-langkah konkret dalam pengembangan ini meliputi analisis situasi, perencanaan strategis untuk konten website dan media sosial, implementasi, dan evaluasi berkala untuk mengukur efektivitasnya melalui metode kuantitatif dan kualitatif. Pendekatan holistik ini menegaskan komitmen untuk meningkatkan komunikasi dan hubungan antara sekolah dan masyarakat melalui platform digital.

References

Azizah, A. (2021). Implementasi Cyber Public Relations dalam Meningkatkan Kualitas Pelayanan Informasi di Instagram@ rsiaannisapku. Skripsi: Jurusan Ilmu Komunikasi, Fakultas …. repository.uin-suska.ac.id. http://repository.uin-suska.ac.id/49895/

Cutlip, S. M. (2007). Effective Public Relations, Edisi IX, Cetakan ke-2. Kencana.

Gunelius, S. (2011). Content Marketing for Dummies (John Wiley & Sons (ed.)).

Helen Olivia. (2020). Dinamika Komunikasi Humas Kementerian Komunikasi Dan Informatika Dalam Memberantas Hoaxdan Ujaran Kebencian Di Media Sosial. Jurnal Ilmu Komunikasi (Komunikata57), 1(2), 60–65.

Jamilah, P. (2021). Strategi Komunikasi Stasiun Radio Dalam Menghadapi Konvergensi Media. Jurnal Ilmu Komunikasi PROGRESSIO. http://www.unsa.ac.id/ejournal/index.php/progressio/article/view/592

Kriyantono, R. (2008). Teknis Praktis Riset Komunikasi. Kencana Prenada Media Group.

Kvale, S. (1996). InterViews: An Introduction to Qualitative Research Interviewing. SAGE Publications.

Liliweri, M. S. (2013). Dasar-Dasar Komunikasi Kesehatan. Pustaka Pelajar Offset.

Mirza, M. (2023). Implementasi Cyber Public Relationspersikota Tangerang Dalam Mempertahankan Citra Melalui Media Sosialinstagram @persikotafc1994. Jurnal Ilmu Komunikasi (Komunikata57), 4(1), 1–7.

Olivia, H. (2023). Strategi eksternal humas puskesmas jatiluhurkota bekasi dalam mengoptimalkan pelayanan kesehatan. Jurnal Ilmu Komunikasi (Komunikata57), 4(1), 15–20.

Onggo, J. B. (2004). Cyber Public Relations. PT Elek Media Komputindo.

Patton, M. Q. (1987). Metode Penelitian Kualitatif Edisi Revisi (29th ed.). PT Remaja Rosdakarya.

Santoso, T. (2001). Riset Pemasaran Jasa. Andi Offset.

Tohirin. (2012). Metode Penelitian Kualitatif Dalam Pendidikan Dan Bimbingan Konseling. PT Raja Grafindo.

Widyaningrum, A. G. (2022). Implementasi Strategi Cyber Public Relations Website www.tangandiatas.com dalam Mengembangkan Informasi UMKM Melalui Komunitas. Jurnal Ilmu Ekonomi Dan Sosial, 11(1), 113–120. http://dx.doi.org/10.12244/jies.2021.5.1.001

Published
2024-11-01
How to Cite
Widyaningrum, A., Ambarsarri, D., & Firmansyah, D. (2024). MODEL CYBER PUBLIC RELATIONS PADA WEBSITE SMAN7BKS.SCH.ID DALAM MENUNJANG KOMUNIKASI SEKOLAH DAN MASYARAKAT. KOMUNIKATA57, 5(2), 170-176. https://doi.org/10.55122/kom57.v5i2.1349
Section
Articles