HAMBATAN KOMUNIKASI MAHASISWA KAMPUS MENGAJAR ANGKATAN 7 DALAM PENERAPAN PEMBELAJARAN DI SDN GUNUNG 01 PAGI JAKARTA SELATAN

  • Selvy Maria Widuhung Universitas Bina Sarana Informatika
Keywords: Komunikasi Interpersonal, Kampus Mengajar, Sekolah Dasar

Abstract

Kampus Mengajar (KM) adalah bagian dari program Merdeka Belajar Kampus Merdeka (MBKM) yang diinisiasi oleh Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan, Riset dan Teknologi. Program ini bertujuan untuk meningkatkan kualitas pendidikan siswa di sekolah, serta mempersiapkan mahasiswa untuk mengasah pengetahuan dan pengalaman mereka, dan memberikan dampak positif terhadap kemajuan dunia pendidikan, terutama di daerah. Dalam penelitian ini, penulis membahas bagaimana proses komunikasi interpersonal antara mahasiswa Kampus Mengajar angkatan 7 Tahun 2024 dengan siswa dan guru di sekolah tempat mereka ditempatkan, yaitu di SDN Gunung 01 Pagi, Jakarta Selatan. Penelitian ini bersifat kualitatif dengan teknik pengumpulan data berupa observasi dan wawancara menggunakan teori Komunikasi Interpersonal Joseph A. DeVito yang terdiri dari tahapan keterbukaan, empati, dukungan, sikap positif, dan kesetaraan. Hasil akhir dari penelitian ini menunjukkan bahwa pola komunikasi siswa mengalami kekakuan, yang terlihat pada tahapan keterbukaan dan sikap positif dalam berkomunikasi, terutama terhadap guru.

References

Ananda, L. D., & Sarwoprasodjo, S. (2017). Pengaruh Hambatan Komunikasi Antarbudaya Suku Sunda dengan Non-Sunda terhadap Efektivitas Komunikasi. Jurnal Komunikasi Pembangunan, 15(2). https://doi.org/10.46937/15201723614

Creswell, J. (2013). Qualitative, quantitative, and mixed methods approaches. In Research design.

Devito, J. A. (2011). Komunikasi Antarmanusia. Komunikasi Antarmanusia. Kuliah Dasar.

Dianto, I. (2019). Hambatan Komunikasi Antar Budaya (Menarik Diri, Prasangka Sosial, dan Etnosentrisme). Jurnal Hikmah: Jurnal Ilmu Dakwah Dan Komunikasi Islam, 13(2).

Dika Adityas Pratiwi. (2020). DEMISTIFIKASI DALAM JURNAL RISA (Diskursus Mistisisme dalam Beberapa Konten Youtube Jurnalrisa). Universitas Islam Indonesia.

Firmansyah, M. H., Fanaqi, C., & Sukmana, S. A. (2022). EFEKTIVITAS KOMUNIKASI INTERPERSONAL PADA PEMBELAJARAN PROGRAM KAMPUS MERDEKA (Studi Kasus Kampus Mengajar Di SDN 1 Ragawacana Kuningan). Jurnal Komunikasi Dan Media, 6(2).

Handonowati, R., Wilantara, M., Novianty, ), & Abstrak, E. (2023). Efektivitas Komunikasi Kader Perwanas Kabupaten Tangerang Dalam Pencegahan Stunting Penulis 1). Komunikata57, 4(2).

Khawash, & Hassan, M. A. M. (2017). Penerapan Komunikasi Interpersonal Guru Pendidikan Agama Islam di SMP Al-Ulum Terpadu Medan. Jurnal Program Studi Pendidikan Ilmu Pengetahuan Sosial, 1(1).

Malyana, A. (2020). PELAKSANAAN PEMBELAJARAN DARING DAN LURING DENGAN METODE BIMBINGAN BERKELANJUTAN PADA GURU SEKOLAH DASAR DI TELUK BETUNG UTARA BANDAR LAMPUNG. Pedagogia: Jurnal Ilmiah Pendidikan Dasar Indonesia, 2(1). https://doi.org/10.52217/pedagogia.v2i1.640

Maskur, M. abdul malik. (2021). Komunikasi Interpersonal Antara Guru Dan Murid Di Pondok Pesantren Mukhtar Syafa’At Blokagung Tegalsari Banyuwangi. JDARISCOMB: Jurnal Komunikasi Dan Penyiaran …, 2(1).

Mataputun, Y., & Saud, H. (2020). Analisis komunikasi interpersonal dan penyesuaian diri remaja. Jurnal Konseling Dan Pendidikan, 8(1). https://doi.org/10.29210/140800

Maudiarti, S. (2018). PENERAPAN E-LEARNING DI PERGURUAN TINGGI. Perspektif Ilmu Pendidikan, 32(1). https://doi.org/10.21009/pip.321.7

Muda, Y. P. (2022). Efektivitas Komunikasi Pembelajaran Daring Melalui Aplikasi Gredu Dalam Meningkatkan Motivasi dan Prestasi Belajar Siswa Sekolah Dasar. KOMUNIKATA57, 3(April 2022), 18–25. Retrieved from https://ejournal-ibik57.ac.id/index.php/komunikata57/article/view/390/250

Tim Program Kampus Mengajar. (2022). Buku Saku Mahasiswa Program Kampus Mengajar angkatan 4 tahun 2022. In Tim Program Kampus Mengajar. (2022). Buku Saku Mahasiswa Program Kampus Mengajar angkatan 4 tahun 2022.

Widuhung, S. (2023). Komunikasi Interpersonal Suami Istri Mengenai Perselingkuhan Pasca Menyaksikan Webseries Layangan Putus. KOMUNIKATA57, 4(Oktober 2023), 59–67. Retrieved from https://ejournal-ibik57.ac.id/index.php/komunikata57/article/view/949/425

Wulandari, Y. F., Rahastine, M. P., Bastian, Y., Murtiadi, M., & Pranawukir, I. (2023). KOMUNIKASI ANTARPRIBADI PEMANDU MUSEUM PADA LAYANAN VIRTUAL TOUR MUSEUM KEHUTANAN MELALUI APLIKASI ZOOM. DIALEKTIKA KOMUNIKA: Jurnal Kajian Komunikasi Dan Pembangunan Daerah, 11(1). https://doi.org/10.33592/dk.v11i1.3447

Published
2024-11-01
How to Cite
Widuhung, S. (2024). HAMBATAN KOMUNIKASI MAHASISWA KAMPUS MENGAJAR ANGKATAN 7 DALAM PENERAPAN PEMBELAJARAN DI SDN GUNUNG 01 PAGI JAKARTA SELATAN. KOMUNIKATA57, 5(2), 108-116. https://doi.org/10.55122/kom57.v5i2.1448
Section
Articles