KONFLIK POLITIK PARTAI NASIONAL DEMOKRAT DENGAN PDIP PASCA DEKLARASI ANIES BASWEDAN DI KOMPAS.COM
Abstract
Pasca dideklarasikannya Anies Baswedan, calon presiden Partai Nasdem, muncul konflik politik yang terjadi antara Partai Nasional Demokrat dengan PDI-Perjuangan. Pencalonan Anies Baswedan sebagai capres menyebabkan merenggangnya hubungan koalisi yang terjadi antara kedua partai besar. Penelitian ini mencoba untuk mengetahui bagaimana Kompas.com mengonstruksi pemberitaan konflik politik antara Nasional Demokrat dengan PDI-Perjuangan. Peneliti menggunakan pendekatan kualitatif, paradigma konstruktivisme serta analisis framing yang berasal dari Pan dan Kosiciki sebagai metode penelitian. Hasil penelitian menunjukkan bahwa Kompas.com cenderung memberikan dukungan terhadap pencalonan Anies Baswedan sebagai calon Presiden. Hal ini terbukti dalam kata-kata yang dipilih. serta pemilihan narasumber digunakan yang secara keseluruhan berasal dari kalangan partai Nasdem sendiri.
References
Alamsyah&Misnan (2021), Manajemen Komunikasi Politik Partai Golkar Pada Panggung Agregasi Kebijakan Omnibus Law, KOMUNIKATA57: Jurnal Ilmiah Ilmu Komunikasi, 2(2):1-12, https://doi.org/10.55122/kom57.v2i2.304
Asri, Rahman (2018), Re-Branding Personal Anies Baswedan Di Kalangan Pemilih Pemula: Analisis Isi Kampanye “Tweet Jahat†Paslon Anies - Sandi Pada Pilkada DKI 2017, Media dan dinamika sosial politik Indonesia. FISIP Universitas Jenderal Soedirman, Purwokerto, http://fisip.unsoed.ac.id/buku-dan-prosiding-seminar-nasional-fisip-unsoed-2018, pp. 93-110
Aziz, M. H. (2018). Konglomerasi Media Antara Konvergensi Media dan Kebebasan Berpendapat. Jurnal Ilmu Komunikasi, 16(33), 209–226.https: DOI:10.31315/jik.v16i3.3203
Efriza, & Indrawan, J. (2019). Pengantar Politik. Bumi Aksara.
Eriyanto. (2002). Analisis Framing: Konstruksi Ideology dan Politik Media. LKiS Yogyakarta.
Eriyanto (2001). Analisis Wacana Kritis: Pengantar Analisis Teks Media, LKiS Yogyakarta
Fathan, & Zulhazmy, A. Z. (2019). Komunikasi Politik Kontestan Pilkada Jawa Tengah . Komunika: Jurnal Dakwah Dan Komunikasi, 13(2), 152–165, https://doi.org/10.24090/komunika.v13i2.1749
Finaka, Andrean (2023). Pengguna Internet di Indonesia Makin Tinggi, https://www.google.com/url?sa=t&rct=j&q=&esrc=s&source=web&cd=&cad=rja&uact=8&ved=2ahUKEwimm9PP3eX-AhXeU2wGHR- mAOQQFnoECAoQAw&url=https%3A%2F%2Findonesiabaik.id%2Finfografis%2Fpengguna-internet-di-indonesia-makin-tinggi&usg=AOvVaw0UG6V5My-xCaFbvNMSodfE
Hamad, I. (2004). Konstruksi Realitas Politik dalam Media Massa: Sebuah Studi Critical Discourse Analysis terhadap Berita-berita Politik (1st ed.). Granit.
Haris, A., Amalia, A., & Hanafi, K. (2022). Citra Politik Anies Baswedan Di Media Massa. Communiverse: Jurnal Ilmu Komunikasi, 7(2), 15–24. https://doi.org/10.36341/cmv.v7i2.2631
Heryanto, G. G. (2018). Media Komunikasi Politik (1st ed.). IRCiSoD.0Indra,
Dolly&Wahid, U (2021). Tinjauan Literatur: Digital Komunikasi Politik Anies Baswedan, Jurnal Interaksi: Jurnal Ilmu Komunikasi, 5(2), 228-239, https: doi: 10.30596/interaksi.v5i2.6198
Indriyana, S.N&Pangesti, F (2022). Kritik Dan Sarkasme Pada Kinerja Gubernur Anies Baswedan Di Twitter: Kajian Sosolinguistik (Criticism And Sarcasm On The Performance Of Governor Anies Baswedan On Twitter: A Sosolinguistic Study), Indonesian Language Education and Literature, 8(1), 100-113, http://dx.doi.org/10.24235/ileal.v8i1.10113.
Irawan, P. (2019). Analisis Framing Pemberitaan Gugatan Capres Nomor Urut 02 Tentang Kecurangan Hasil Rekapitulasi Suara yang Dilakukan KPU pada Media Online Detikcom Rubrik Detik News Edisi 21-22 Mei 2019.
Kasih, A. P. (2020, December 15). Kompas.com Jadi Portal Berita Online Pilihan Generasi Y dan Z. diungah dari https://www.kompas.com/edu/read/2020/12/15/200323471/kompascom-jadi-portal-berita-online-pilihan-generasi-y-dan-z?page=all.
Kurniansyah, R.A, Wahid,U & Siregar, R.K (2024), Pembingkaian Cyber Media Terkait Penangkapan Menkominfo RI Johnny G Plate Dalam Dugaan Kasus Korupsi BTS, KOMUNIKATA57: Jurnal Ilmiah Ilmu Komunikasi, 5(1): 1-11, https://doi.org/10.55122/kom57.v5i1.1048
Kusnandar, A., & Wijayanti, Y. T. (2014). Propaganda vs Black Campaign: Analisis Isi Berita Calon Presiden pada Media Online Periode Maret-April 2014. In Membaca Gaya Komunikasi Pemimpin Kita (1st ed.). Political Communication Institute.
Mc Quail, D. (2012). Teori Komunikasi Massa: McQuail’s Mass Communication Theory (6th ed., Vol. 1). Jakarta: Salemba Humanika.
Moleong, L. J. (2014). Metodologi Penelitian Kualitatif. Bandung: PT. Remaja Rosda Karya.
Nasrullah, R. (2016). Teori dan Riset Media Siber (Cybermedia (2nd ed.). Jakarta: Prenada Media grup.
Nilaimida& Sumanti, ST (2022), Framing Analysis of Anies Baswedan’s Image Post Declaration as Capres 2024 at CNN Indonesia.com. Kabilah: Journal of Social Community, 7 (2), 635-649, https://doi.org/10.35127/kbl.v7i2.6534
Panuju, R. (n.d.). Pengantar Studi (Ilmu) Komunikasi: Komunikasi sebagai Kegiatan Komunikasi sebagai Ilmu. Kencana.
Pinontoan, N. A., & Umaimah Wahid. (2020). Analisis Framing Pemberitaan Banjir Jakarta Januari 2020 Di Harian Kompas.Com Dan Jawapos.Com. Komuniti : Jurnal Komunikasi Dan Teknologi Informasi, 12(1): 11–24. https://doi.org/10.23917/komuniti.v12i1.9928
Pranawukir, I. (2019). Pemberitaan Mengenai Polri Dalam Menghadapi Pemilu Serentak 2019 Pada Media Surat Kabar Online. WACANA: Jurnal Ilmiah Ilmu Komunikasi, 18 (2), 154–168, https://doi.org/10.32509/wacana.v18i2.915
Primagara,M&Firna Dwi Septiani (2021), Pembingkaian Berita Tentang Kasus Penyelundupan Barang Mewah Di Pesawat Garuda Indonesia Nomor GA9721, KOMUNIKATA57: Jurnal Ilmiah Ilmu Komunikasi, 2(1):1-8, https://doi.org/10.55122/kom57.v2i1.195
Puspitasari, K. (2020). Kapabilitas dan Kepemimpinan Anies Baswedan dalam Penanganan Banjir Jakarta di Detik.com dan Kompas.com. Jurnal Ilmu Komunikasi, 18(2): 221. https://doi.org/10.31315/jik.v18i2.3505
Sere, VS (2019). Ketidakberpihakan Pemberitaan Anies-Sandi Ketika Menjadi Gubernur Dan Wakil Gubernur DKI Jakarta Periode 2017-2022 (Analisis Isi Pemberitaan SKH Media Indonesia Periode 18 Oktober 2017 – 25 Januari 2018), UAJY, http://e-journal.uajy.ac.id/21223
Simatupang, Rosida. (2021). ANALISIS FRAMING PEMBERITAAN KOMPAS.COM TENTANG COVID-19 DI DKI JAKARTA. Jurnal Pustaka Komunikasi, 4(1), 39–52. https://doi.org/10.32509/pustakom.v4i1.1315
Sobur, A. (2001). Analisis Teks Media: Suatu Pengantar Analisis Wacana, Analisis Swemiotik dan Analisis Framing. Bandung: Remaja Rosda Karya .
Sobur, A. (2006). Analisis Teks Media: Suatu Pengantar. Bandung: PT. Remaja Rosda Karya.
Sugiyono. (2010). Metode Penelitian Kuantitatif, Kualitatif dan Kombinasi (Mixed Method). Penerbit Alfabeta.
Copyright (c) 2024 Ummy Hanifah, Titiek Surya Ningsih, Ema Kusuma
This work is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License.