PERAN KOMUNIKASI PEMASARAN SEBAGAI LANGKAH STRATEGIS DALAM UPAYA UKM NAIK KELAS

(STUDI KASUS UKM BINAAN SMESCO)

  • Harningsih Harningsih Universitas Budi Luhur
  • Taufan Prahara Gunadi Universitas Budi Luhur
Keywords: Komunikasi Pemasaran, UKM, Naik Kelas

Abstract

Usaha Mikro Kecil Menengah (UMKM) berperan strategis dalam peningkatan ekonomi Nasional, yang juga berkontribusi besar terhadap ketersediaan lapangan kerja. UMKM dan UKM memiliki perbedaan yang signifikan, walaupun memiliki tujuan yang sama. Perbedaan yang tampak terlihat yakni pada sektor permodalan, semakin besar modal UKM yang dimiliki semakin luas ketersediaan lapangan kerja yang tentu dapat memperkuat jaringan pada struktur perekonomian Nasional. Komunikasi pemasaran dapat memainkan perannya sebagai sarana promosi yang digunakan, melalui bauran promosi untuk membangun komunikasi jangka panjang dengan konsumen. Menggunakan metode studi kasus, dengan pendekatan deskriptif kualitatif. Melakukan teknik pengumpulan data primer, observasi, wawancara, studi dokumen, serta audio visual. Mengumpulkan, mengolah dan menganalisis data kemudian merangkum. Hasil penelitian dapat disimpulkan: Komunikasi pemasaran memiliki kekuatan yang besar terhadap perubahan perilaku konsumen, dukungan teknologi digital menjadi amunisi terbaik sehingga komunikasi pemasaran dapat dilakukan. Pilar utamanya terletak pada pelaku UKM yang patuh terhadap legalitas perijinan usaha sehingga produk dapat dipasarkan dimana saja, termasuk mudah jika ingin menjadi UKM binaan, selain itu dapat berdampak pada kemudahan pemasaran. Mengadopsi strategi bauran promosi (promotion mix) sehingga komunikasi pemasaran dapat dilakukan dengan baik. Komunikasi pemasaran menjadi langkah strategis bagi UKM dalam meningkatkan Omzet, Asset, dan jumlah tenaga kerja sebagai dukungan kuat terhadap pelaksanaan UKM naik kelas.

References

Sutandi, S., Vikaliana, R., Hidayat, Y. R., & Evitha, Y. (2020). Strategi Peningkatan Kinerja UMKM melalui “UMKM Naik Kelas†Pada UMKM di Kecamatan Cempaka Putih Jakarta Pusa. Jurnal Komunitas: Jurnal Pengabdian Kepada Masyarakat, 2(2), 159–163. https://doi.org/10.31334/jks.v2i2.740

Sunan, J., No, A., & Kediri, N. (2023). Welfare : Jurnal Pengabdian Masyarakat Welfare: Jurnal Pengabdian Masyarakat, 1(07).

Dialmi, L.W., Wulandari. S. Prawibowo, S.T., (2022). PENENTUAN PRIORITAS STRATEGI PEMASARAN, XVI(2), 181-195. Vol. XVI, No. 2, Agustus 2022, 181-195 p-ISSN 2085-5869/e ISSN 2598-4853

Hidayati N, & Dwiridotjahjono J. Strategi (2024). Strategi Pemasaran Online dalam Meningkatkan Volume Penjualan UMKM Naik Kelas di Desa Bulak Surabaya 3(3), 1503-1508 https://journal.ikadi.or.id/index.php/assyirkah/article/view/289/259

Rizaldi T. L., & DjamaluddinS. (2023). Pengaruh Fasilitasi Promosi dan Pemasaran terhadap Kinerja Usaha Mikro, Kecil dan Menengah. Reslaj: Religion Education Social Laa Roiba Journal, 5(5), 2911-2930. https://doi.org/10.47467/reslaj.v5i5.3509

Effendi, E., Zakaria, Z., Rinaldi, R., & Harahap, M. A. (2023). Peran Komunikasi Pemasaran terhadap UMKM di Kecamatan Medan Area. Journal on Education, 5(2), 2176–2183. https://doi.org/10.31004/joe.v5i2.870

Mardiana, S. (2013). PERILAKU KONSUMEN Oleh: Siska Mardiana Fakultas Ilmu Sosial dan Ilmu Politik Universitas Serang Raya Jl . Raya Cilegon, Drangong. Serang - Banten ABSTRAK Konsumen adalah titik sentral perhatian pemasaran, mempelajari apa yang dibutuhkan dan diinginkan. Jurnal Komunikasi, 2, 40–47.

Wardani, S. (2023). Analisis Strategis Komunikasi Pemasaran Dalam Meningkatkan Kinerja Ekonomi Perusahaan. Jurnal Ilmiah Manajemen Profetik, 1(2), 76–80.

Munawar, S. S., Juningsih, E. R., & Maulana, S. (2016). Peran Komunikasi Pemasaran dalam Sudut Pandang UMKM, (January), 336–345. Retrieved from https://www.researchgate.net/publication/348160072_Peran_Komunikasi_Pemasaran _dalam_Sudut_Pandang_UMKM

Habibah, A. N., Mulyono, F., & Gunawan, C. (2023). Integrated Marketing Communication: How Imc Method Build a Brand Equity. Marketgram Journal, 1(1), 44–51.

Morissan. (2007). Periklanan. Komunikasi Pemasaran Terpadu. Jakarta: Ramdina Prakarsa

Sugiono, (2011), Metode penelitian Kuantitatif Kualitatif dan R & D, Bandung: Alfabeta

Yin, Robert K (2013). Studi Kasus Desain & Metode. Jakarta: Raja Grafindo Persada

Krisyantono, Rachmat, 2010. Teknik Praktis Riset Komunikasi. Jakarta: Kencana Prenada Media Group

Sutopo, H.B. Metodologi Penelitian Hukum Kualitatif. Bagian ke II. Surakarta: UNS Press 1998

Hermawan A. (2012). Komunikasi Pemasaran. Jakarta: Penerbit Erlangga

Published
2024-11-01
How to Cite
Harningsih, H., & Gunadi, T. (2024). PERAN KOMUNIKASI PEMASARAN SEBAGAI LANGKAH STRATEGIS DALAM UPAYA UKM NAIK KELAS. KOMUNIKATA57, 5(2), 121-130. https://doi.org/10.55122/kom57.v5i2.1520
Section
Articles