STRATEGI DIVISI NEWS MEMPRODUKSI PROGRAM D’MENTOR DETIKCOM DALAM MENINGKATKAN AUDIENCE YOUTUBE

  • Aura Putri Pinanti Universitas Muhammadiyah Prof. Dr. Hamka
  • Vilya Dwi Agustini Universitas Muhammadiyah Prof. Dr. Hamka
Keywords: Strategi, News, Detikcom, Audience, YouTube

Abstract

Perkembangan media digital dalam konvergensi media era menciptakan sebuah budaya baru dalam proses penyebaran informasi, kehadiran media digital memungkinkan berbagi informasi dengan lebih mudah cepat dan luas tanpa batas ruang dan waktu.  Fokus dalam penelitian  ini menggali bagaimana strategi kreatif tim divisi news dalam memproduksi program d’mentor detikcom untuk meningkatkan minat audience youtube. Penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif dan pengumpulan data dilakukan dengan wawancara, observasi dan studi kepustakaan. Hasil analisis menemukan bagaimana proses yang dilakukan tim divisi news detikcom dalam meningkatkan minat audience melalui beberapa tahapan riset terhadap topik dan narasumber yang dipilihnya melalui analisis media mingguan, berupa data tren dan topik yang diminati audience detikcom, kemudian baru dirumuskan tema setiap konten mengikuti analisis media tren.

References

Alasan-Utama-Orang-di-Indonesia-Menggunakan-Internet-Tahun-2024-1024x576. (n.d.).

Cecariyani, S. A., & Sukendro, G. G. (2019). Analisis Strategi Kreatif dan Tujuan Konten Youtube (Studi Kasus Konten prank Yudist Ardhana). Prologia, 2(2), 495. https://doi.org/10.24912/pr.v2i2.3735

Digital, L., Guru, B., Calon, D. A. N., Sekolah, G., Penunjang, S., & Dan, P. (2022). 3 1,2,3Digital, L., Guru, B., Calon, D. A. N., Sekolah, G., Penunjang, S., & Dan, P. (2022). 3 1,2,3. 2(2), 87–94. 2(2), 87–94.

Fitra Nabila, N., & Winarti, O. (2023). Implementation of Digital Marketing and the Role of Content Creators on Social Media to Increase Brand Awareness of PT. Otak. JIPM:Jurnal Informasi Pengabdian Masyarakat, 1(3), 136–146. https://doi.org/10.47861/jipm-nalanda.v1i3.322

Kartawaria, J. R., & Normansah, A. C. (2023). Penerapan Digital Marketing Sebagai Strategi Pemasaran Perusahaan Start-Up. Jurnal Ilmiah Ilmu Komunikasi Komunikata, 4(1), 21–29. https://doi.org/10.55122/kom57.v4i1.748

Melita, Y. (2023). Prospek Kerja Content Creator Gen Z di Era 5.0 (Studi Participacy Media Culture). GANDIWA Jurnal Komunikasi, 3(1), 21–29. https://doi.org/10.30998/g.v3i1.1855

Mirza, M., & Suseno, A. (2022). Strategi Komunikasi Tim SPADA UNIS Dalam Upaya Sosialisasi Program LMS Kepada Dosen Di Universitas Islam Syekh Yusuf. KOMUNIKATA57: Jurnal Ilmiah Ilmu Komunikasi, 3(1), 44–51.

Suyono Suyono, Suhari Suhari, Dwi Retnani Srinarwati, Bernadetta Budi Lestari, Aldi Wahyu Saputra, Abil Wafa Almaulana, & Melania Tesa Iana Maya Anugraheni. (2023). Peluang Bisnis Menjadi Konten Kreator Di Kalangan Remaja Milenial Pada Era Digital Desa Banjar Kemuning Sedati Sidoarjo. SEWAGATI: Jurnal Pengabdian Masyarakat Indonesia, 2(2), 161–167. https://doi.org/10.56910/sewagati.v2i2.820

Vilya Dwi Agustini. (n.d.). Media Sosial Sebagai Tempat Literasi Ibadah di Era Pandemi (Pendekatan Uses and Gratification Theory pada TVMU). Borobudur Communication Reviewhttps://doi.org/https://doi.org/10.31603/bcrev.4899

Deddy Mulyana. (2016). Ilmu Komunikasi Suatu Pengantar. Bandung : Remaja Rosdakarya.

Hafied Cangara. (2016). Pengantar Ilmu Komunikasi (2nd; Cet. 17 ed.). Jakarta : Rajawali.

Sugiyono. (2010). Metode Penelitian Pendidikan (Pendekatan Kuantitatif, Kualitatif, dan R&D). Bandung : Alfabeta.

Published
2024-11-01
How to Cite
Pinanti, A., & Agustini, V. (2024). STRATEGI DIVISI NEWS MEMPRODUKSI PROGRAM D’MENTOR DETIKCOM DALAM MENINGKATKAN AUDIENCE YOUTUBE. KOMUNIKATA57, 5(2), 152-158. https://doi.org/10.55122/kom57.v5i2.1543
Section
Articles