IMPLEMENTASI KOMUNIKASI PEMASARAN TERPADU SAMSUNG INDONESIA DALAM MEMPROMOSIKAN PRODUK TELEPON CERDAS

  • Faizal Imam Universitas Budi Luhur
Keywords: Komunikasi Pemasaran Terpadu, Samsung, Promosi

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui implementasi komunikasi pemasaran terpadu Samsung Indonesia dalam mempromosikan produk telepon cerdas ditinjau dengan konsep komunikasi pemasaran terpadu sebagai promosi. Metode yang digunakan adalah kualitatif dengan konsep komunikasi pemasaran terpadu yang merupakan proses perpaduan elemen komunikasi menjadi satu kesatuan dengan tujuan memberi gambaran komunikasi pemasaran terpadu diimplementasikan. Temuan menunjukkan Samsung Indonesia telah menggunakan konsep komunikasi pemasaran terpadu sebagai metode promosi produk telepon cerdas. Hal ini dapat dilihat dari strategi yang digunakan mengandung unsur yang ada pada konsep komunikasi pemasaran terpadu serta mengintegrasikan pesan untuk menjadi suatu pola komunikasi yang efektif. Kesimpulannya implementasi Samsung Indonesia dalam mempromosikan produk telepon cerdas memiliki keefektifan

References

Belch, Goerge E, Michael A. Belch. 2015. Advertising & Promotion: An Integrated Marketing Communications Perspective. New York: McGraw Hill.

Bungin, Burhan. 2007. Penelitian Kualitatif: Komunikasi, Ekonomi, Kebijakan Publik dan Ilmu Sosial lainnya. Jakarta: Putra Grafika

Setiadi, Nugroho J. 2015. Perilaku Konsumen: Perspektif Kontemporer Pada Motif, Tujuan, dan Keinginan Konsumen. Jakarta: Kencana Prenada Media

Shimp, Terence A. 2014. Periklanan Promosi: Aspek Tambahan Komunikasi Pemasaran Terpadu Jilid 1. (Revyani Syahrial. Terjemahan). Jakarta:Penerbit Erlangga.

Shimp, T.A. (2010). Advertising, promotion , & other aspects of Integrated Marketing Communication, 8th Edition, South-Western, Cengage Learning.

Akkas, N. (2016). Pengaruh Komunikasi Pemasaran Terpadu Terhadap Citra Perusahaan Dan Dampaknya Terhadap Kepuasan Pelanggan Membeli Mobil Pada PT. Hadji Kalla Cabang Palu. E-Jurnal Katalogis, 4 (1), 24-36.

Astari, F. F. (2017). Pengaruh Komunikasi Pemasaran Terpadu terhadap Ekuitas Merek Indihome. Skripsi Program Studi Manajemen, Fakultas Ekonomika dan Bisnis, Universitas Dian Nuswantoro Semarang.

Bayu Prasetyo, I. (2013). Brand Activation Batik Semarang Melalui Event “Cah Semarang Duwe Batikâ€. Interaksi Online, 1(4), 10-17.

Chrismardani, Y. (2014). Komunikasi Pemasaran Terpadu: Implementasi Untuk UMKM. Jurnal Neo-Bis 8(2), 176-189.

Danibrata, A. (2011). Pengaruh Integrated Marketing Communication Terhadap Brand Equity Pada Sebuah Bank Pemerintah. Jurnal Bisnis Dan Akuntansi, 13(1), 21–38.

Dhayanti, I. N. (2015). Analisis Strategi Komunikasi Pemasaran Terpadu (Integrated Marketing Communications) pada Ros-In Hotel Yogyakarta untuk Meningkatkan Brand Equity. Thesis UPN Veteran Yogyakarta.

Hasri, M. (2017). Strategi Komunikasi Pemasaran Terpadu (Integrated Marketing Communication (KOMUNIKASI PEMASARAN TERPADU)) Yang Diterapkan Oleh Re Caffe Platinum Pekanbaru Dalam Meningkatkan Pelanggan. Jom FISIP, 4(2), 1-11.

Prisgunanto, I. (2018). Implementasi Promosi Bauran Komunikasi Pemasaran Kartu Kredit di Indonesia (Studi Deskriptif Bank Mandiri, HSBC, Citibank, BCA, dan BNI). Jurnal Komunikasi dan Media, 2(2), 112.

Rizal, A. (2017). Pengaruh Endorser Selebritas, Citra Merek, dan Persepsi Harga Terhadap Keputusan Pembelian Mie Sedap White Curry. Students’ Journal of Economic and Management 6(2), 67-76

Rohmawati, L. (2019). Pengaruh Pengawas dan Direksi Wanita Terhadap Risiko Bank Dengan Kekuasaan CEO Sebagai Variabel Pemoderasi (Studi Bank Umum Indonesia). Syntax Literate; Jurnal Ilmiah Indonesia, 4(9), 26–42.

Nasiha, S. (2010). Strategi Komunikasi Pemasaran Terpadu (Integrated Marketing Communications) Dalam Mengokohkan Brand Dagadu Djokdja (Studi Deskriptif pada PT. Aseli Dagadu Djokdja Yogyakarta). Skripsi Program Studi Ilmu Komunikasi, Fakultas Ilmu Sosial dan Humaniora, Universitas Islam Negeri Sunan Kalijaga, Yogyakarta.

Pujileksono, Sugeng. 2015. Metode Penelitian Komunikasi Kualitatif. Malang: Kelompok Intrans Publishing.

Wali, M. E. (2012). Strategi Komunikasi Pemasaran Terpadu Kosti Solo dalam Meningkatkan Brand Equity. Thesis UPN Veteran Yogyakarta.

Published
2021-04-30
How to Cite
Imam, F. (2021). IMPLEMENTASI KOMUNIKASI PEMASARAN TERPADU SAMSUNG INDONESIA DALAM MEMPROMOSIKAN PRODUK TELEPON CERDAS. KOMUNIKATA57, 2(1), 1-9. https://doi.org/10.55122/kom57.v2i1.190
Section
Articles