PENGALAMAN KOMUNIKASI PENYINTAS COVID-19
STUDI FENOMENOLOGI PENGALAMAN KOMUNIKASI PENYINTAS COVID-19
Abstract
Virus Corona Disease 19 pertamakali masuk di Indonesia tanggal 02 Maret 2020. Hingga Maret 2021 sudah menginfeksi lebih dari 1 juta masyarakat Indonesia. Virus yang menyerang pernafasan ini membuat siapapun yang terpapar merasa khawatir. Pasalnya kekhawatiran tersebut diakibatkan belum ditemukannya obat yang ampuh melawan virus covid-19. Banyak dari para penyintas Covid-19 mengubah perilakunya berdasarkan pengalaman yang dialaminya saat terpapar Covid-19. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui bagaimana motif penyintas Covid-19, makna Covid-19 dan pengalaman komunikasi penyintas Covid-19 ketika telah dinyatakan sembuh. Penelitian ini menggunakan metode kualitatif dengan pendekatan fenomenologi. Peneliti menggunakan teknik purposive sampling dalam penelitian ini sehingga Subjek atau informan dalam penelitian ini berjumlah 6 orang berdasarkan kriteria yang telah peneliti tentukan di awal. Pengumpulan data dalam penelitian ini dilakukan dengan mewawancarai informan, observasi di lapangan, dan studi pustaka. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa motif sembuh para penyintas Covid-19 terdiri atas motif because of yang meliputi motif keluarga dan motif in order to atau motif harapan ketika sembuh yang meliputi gaya hidup sehat, menjadi pribadi yang lebih baik lagi, dan menjadi relawan Covid-19. Adapun temuan dari makna Covid-19 yang ditemukan pada penyintas Covid-19 memaknai bahwa Covid-19 merupakan sebuah penyakit Flu biasa namun mengerikan yang saat ini tengah beredar di masyarakat.
References
Ahmadi, Abu. 2009. Psikologi Sosial. Jakarta: Rineka Cipta.
Kuswarno, Engkus. 2009. Metodologi Penelitian Komunikasi Fenomenologi: Konsepsi, Pedoman, dan Contoh Penelitian Fenomena Pengemis Kota Bandung. Bandung: Widya Padjajaran. Littlejohn, Stephen W. 2011. Teori Komunikasi; Theories of Human Communication. Jakarta: Salemba Humanika.
Littlejohn, Stephen W. 2011. Teori Komunikasi; Theories of Human Communication. Jakarta: Salemba Humanika.
Mulyana, Deddy. 2005. Ilmu Komunikasi : Suatu Pengantar. Bandung: Remaja Rosdakarya.
Perreault, W. D. (2006). Essentials of Marketing: A Glibal Managerial Approach. New York: McGrhawhill.
Sugiyono.2012. Metodologi Penelitian Kuantitatif, Kualitatif dan R&D. Bandung: Alfabeta.
________2013.Metodologi Penelitian Kuantitatif, Kualitatif dan R&D. Bandung: Alfabeta.
West, Richard dan Turner, Lynn H. 2008. Pengantar Teori Komunikasi: Analisis dan Aplikasi. Jakarta: PT. Salemba Humanika
Wirman, Welly. 2016. Citra dan Presentasi Tubuh. Pekanbaru: Alaf Riau.
Winda Ersa Putri. 2018. Pengalaman Komunikasi Mahasiswi Yang Melakukan Hijrah (Studi Fenomenologi Pada Mahasiswi Fisip Universitas Riau Yang Melakukan Hijrah). Jurnal Universitas Riau.
www.kompas.co.id.diunduh pada tanggal 15 Oktober 2020 Pukul : 13.30 WIB.
Copyright (c) 2021 Mayang Riyantie, Romli Romli (Author)
This work is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License.