STRATEGI KOMUNIKASI PEMASARAN UMKM INDUSTRI FESYEN DISTRO DI INDONESIA
ANALISIS SOSTAC DI SEBUAH TOKO DISTRO DI JAKARTA
Abstract
Dunia industri fesyen terutama distro begitu mewabah di Indonesia dan turut mewarnai perkembangan ekonomi negara. Perlu strategi komunikasi pemasaran jitu bagi pelaku UMKM industri distro agar bisa tetap hidup dalam persaingan dengan industri fesyen global. Penelitian ini bertujuan ingin mengetahui strategi komunikasi pemasaran UMKM industri distro di Indonesia, apa kelebihan dan kekurangan yang ada. Penelitian menggunakan kajian teoretik komunikasi pemasaran, bauran pemasaran, komunikasi strategi dan taktik dan analisis manajemen strategik. Metode penelitian dengan menggunakan pengolahan data kualitatif, pengumpulan dengan wawancara mendalam dan analisis menggunakan model SOSTAC (Situation Objectives, Strategy, Tactics, Action dan Controlling). Temuan penelitian menunjukkan bahwa strategi komunikasi pemasaran keintiman dan kekeluargaan digunakan dalam industri fesyen distro ini, terutama dalam penggunaan WOMM (Word of Mouth Marketing). Kelemahan penerapan Pull Strategy dalam komunikasi belum optimal dan masih sekedar ada, demikian juga dengan masalah modal yang masih sangat minim dalam upaya meningkatkan upaya industri fesyen lokal distro.
References
Alma, Buchari. Manajemen Pemasaran dan Pemasaran Jasa, Edisi Revisi. Bandung: Alfabeta, 1998.
Amalia, Lala. â€Distro†dan “Clothing Companyâ€: Dari Indie Jadi Sakti,†Kompas, 22 Agustus 2003.
Aris dan Gried. “SPUOS Boutique, The Only One,†Canting Fahion, Textile Business and Lifestyle Magazine, (Juni, 2004), 22-25.
Aris dan Inggrid. “east+meet+west at Schalotte,†Canting Fahion, Textile Business and Lifestyle Magazine, (Mei, 2004), 22-25.
Aris dan Yuli. “Komunitas Distro; Menukar Ide, Membangun Usaha,†Canting Fahion, Textile Business and Lifestyle Magazine, (Agustus, 2004), 32-34.
Aris. “Debut Pret a Porter: Tabrak Warna Tabrak Corak,†Canting Fahion, Textile Business and Lifestyle Magazine, (Agustus, 2004), 22-24.
Dwipayana, Lala Alvyn. “Tren Mode 2005: User is Designer,†Kompas, 7 Januari 2005.
Effendy, Onong Uchjana. 2003. Ilmu, Teori dan Filsafat Komunikasi. Bandung: PT Citra Aditya Bakti.
Firdanianty. “Menggarap Peluang di Balik Melebarnya Bisnis Fashion,†Majalah Swa Sembada. 10 Juni 2004.
Hannagan, Tim. Management, Concepts and Practices. Pitman Publishing, 1995.
Kertajaya, Hermawan. 2003. Marketing in Venus. Jakarta: Mark Plus and Co.
Kotler, Philip and Gary Armstrong. 2004. Dasar-dasar Pemasaran, Edisi Bahasa Indonesia Jilid 2. Jakarta: Indeks.
Kotler, Philip. 1997. Manajemen Pemasaran: Analisis, Perencanaan, Implementasi dan Kontrol. Diterjemahkan oleh Hendra Teguh dan Ronny Antonius Rusly. Jakarta : Prenhallindo.
Kotler, Philip. 2000. Marketing Management, Edisi Bahasa Indonesia,Tenth Edition, The Millenium Edition. England : Prentice Hall International, Inc.
Kotler, Philip. 2000. Marketing Management, Tenth Edition, The Millenium Edition. England : Prentice Hall International, Inc.
Lehman, Donald R. dan Russell S. Winer. 2003. Product Management, 3rd International Edition. New York: McGraw-Hill.
McDonald, Malcolm. 1999. Marketing Plans. Oxford: Butterworth-Heinemann.
Mulyana, Deddy. 2001. Ilmu Komunikasi, Suatu Pengantar. Jakarta: Salemba Empat,
Poeradisastra, Teguh. 2004.â€Industri Fashion Indonesia Potensi Besar Yang Belum Tergali,†Majalah Swa Sembada. 10 Juni 2004.
Prisgunanto, Ilham. 2005. Komunikasi Pemasaran: Strategi dan Taktik. Jakarta : Ghalian Indonesia.
Prisgunanto, Ilham. 2014. Komunikasi Pemasaran Era Digital. Jakarta : Prisani Cendekia
Purnama, Lingga. 2002. Strategic Marketing Plan. Jakarta: Gramedia Pustaka Utama.
Rakhmat, Jallaludin. 2001. Metode Penelitian Komunikasi, Cetakan IX. Bandung: Rosda.
Riznanto, Bambang dan Andra Nuryadi. 2003. “Bandung Lautan Clothing,†Kompas, 10 Januari 2003.
Sarnianto, Prih. 2004. “Fashion is Dead, Long Live Fashion,†Majalah Swa Sembada. 10 Juni 2004.
Schiffman, Leon G. and Leslie Lazar Kanuk. 2000. Consumer Behaviour, Seventh Edition. Prentice Hall International, Inc.
Smith, Paul., Chris Berry and Alan Pulford. 1997. Strategic Marketing Communication. London: The Multimedia Marketing Consortium.
Soelaeman, Henni T. 2005. “Juragan FO Baru,†Majalah Swa Sembada. 17 Maret 2005.
Sulaksana, Uyung. 2003. Integrated Marketing Communication, Cetakan I. Yogyakarta: Pustaka Pelajar.
Wibowo, Amin. 1998. “Marketing Plan: Arti Penting dan Proses Penyusunan,†Telaah-Jurnal Manajemen, Ekonomi dan Bisnis, AMP YKPN. Mei 1998, Vol. 2, No.1.
Worsam, Mike dan D Berkeley Wright. 1995. Marketing in Management, Basic Principles. Pitman Publishing.
Copyright (c) 2021 Rafiuddin Akil (Author)
This work is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License.