POLA KOMUNIKASI EFEKTIF DALAM IMPLEMENTASI PEMBATASAN SOSIAL PENANGGULANGAN COVID-19 DI JABODETABEK
Abstract
Tujuan penelitian adalah menunjukkan pola komunikasi efektif dalam implementasi pembatasan sosial penanggulangan covid-19. Pendekatan yang digunakan adalah kualitatif, dengan metode deskriptif verifikatif menggunakan telusur pustaka. Dalam pola horizontal masih terdapat bias politik, sehingga antara Presiden, Menteri terkait dan Jajaran Pemerintah Daerah masih menemui barrier yang membuat pesan instruksional dan koordinatif terkesan lamban, tidak tegas dan berjarak. Dalam pola komunikasi vertikal, tidak terimplementasi secara simultan dari hulu sampai hilir, yakni tidak terpenetrasi secara efektif sampai di tingkat warga. Para pimpinan di tingkat pusat banyak menyampaikan instruksi, tetapi warga banyak menanggapinya hanya sebagai himbauan yang dapat disiasati. Dalam komunikasi diagonal, masih belum efektifnya penggunaan media untuk membangun pola komunikasi interpersonal. Secara internal, komunikasi interpersonal antar kepala daerah belum efektif. Faktor penyebabnya adalah bias politik yang masih dominan.
References
Bahfiarti, T. (2012). Buku Ajar Dasar-Dasar Teori Komunikasi. Makasar: Universitas Hasanudin.
Evelina, Lidia Wati; Mia Angeline. (2014). Komunikasi Vertikal Dan Horizontal Dalam Membentuk Gaya Kepemimpinan Berbasis Kearifan Lokal: Studi Pada Binus University. HUMANIORA Vol.5 No.1 April 2014: 445-454.
Junaidi, Ahmad; Hari, E. S. D. (2018). Media dan Komunikasi Politik Potret Demokrasi di Indonesia dalam Perspektif Komunikasi Politik. Yogyakarta: Mbridge Press.
Masmuh, Abdullah. (2010). Komunikasi Organisasi dalam Perspektif Teori dan Praktek. Malang: UMM Press
Rahmani, T. (2016). Penggunaan Media Sosial Sebagai Penguasaan Dasar-Dasar Fotografi Ponsel. Universitas Islam Negeri Sunan Kalijaga.
Romli, Khomsarial. 2011. Komunikasi Organisasi lengkap. Jakarta : PT Grasindo.
Siregar, R. T., Enas, U., Putri, D. E., Hasbi, I., Ummah, A. H.. (2021). Komunikasi Organisasi. January, 1–10. https://repository.penerbit widina.com/id/publications/338840/komunikasi-organisasi
Supartha, W. Gede, & Sintaasih, D. K. (2017). Pengantar perilaku Organisasi: Teori, kasus dan Aplikasi penelitian. Bali: Universitaa Udayana.
Swandhana, Hendry. (Juni 2017). Peranan Komunikasi Horizontal dalam Peningkatan Kinerja Pada Prime Sauce. PERFORMA: Jurnal Manajemen dan Start-Up Bisnis Volume 2, Nomor 2.
Syafitri, Roswita. (2009). Komunikasi Organisasi Formal. Medan: Universitas Sumatera Utara.
Widiarto, Didik Sugeng. (2018). Pola Komunikasi Organisasi: Komunikasi Vertikal Pada CV. Kios Cetak Utama Surabaya. MetaCommunication; Journal Of Communication Studies. P-ISSN: 2356-4490 Vol 3 No 1 Maret 2018.
Copyright (c) 2021 Maria Jashinta Elisabet Hamboer, Mohamad Enoh (Author)
This work is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License.