POLA KOMUNIKASI EFEKTIF DALAM IMPLEMENTASI PEMBATASAN SOSIAL PENANGGULANGAN COVID-19 DI JABODETABEK

  • Maria Jashinta Elisabet Hamboer Institut Bisnis dan Informatika (IBI) Kosgoro 1957
  • Mohamad Enoh
Keywords: Komunikasi Efektif, Pola Horizontal, Pola Vertikal, Pola Diagonal​

Abstract

Tujuan penelitian adalah menunjukkan pola komunikasi efektif dalam implementasi pembatasan sosial penanggulangan covid-19. Pendekatan yang digunakan adalah kualitatif, dengan metode deskriptif verifikatif menggunakan telusur pustaka. Dalam pola horizontal masih terdapat bias politik, sehingga antara Presiden, Menteri terkait dan Jajaran Pemerintah Daerah masih menemui barrier yang membuat pesan instruksional dan koordinatif terkesan lamban, tidak tegas dan berjarak. Dalam pola komunikasi vertikal, tidak terimplementasi secara simultan dari hulu sampai hilir, yakni tidak terpenetrasi secara efektif sampai di tingkat warga. Para pimpinan di tingkat pusat banyak menyampaikan instruksi, tetapi warga banyak menanggapinya hanya sebagai himbauan yang dapat disiasati. Dalam komunikasi diagonal, masih belum efektifnya penggunaan media untuk membangun pola komunikasi interpersonal. Secara internal, komunikasi interpersonal antar kepala daerah belum efektif. Faktor penyebabnya adalah bias politik yang masih dominan.

References

Bahfiarti, T. (2012). Buku Ajar Dasar-Dasar Teori Komunikasi. Makasar: Universitas Hasanudin.

Evelina, Lidia Wati; Mia Angeline. (2014). Komunikasi Vertikal Dan Horizontal Dalam Membentuk Gaya Kepemimpinan Berbasis Kearifan Lokal: Studi Pada Binus University. HUMANIORA Vol.5 No.1 April 2014: 445-454.

Junaidi, Ahmad; Hari, E. S. D. (2018). Media dan Komunikasi Politik Potret Demokrasi di Indonesia dalam Perspektif Komunikasi Politik. Yogyakarta: Mbridge Press.

Masmuh, Abdullah. (2010). Komunikasi Organisasi dalam Perspektif Teori dan Praktek. Malang: UMM Press

Rahmani, T. (2016). Penggunaan Media Sosial Sebagai Penguasaan Dasar-Dasar Fotografi Ponsel. Universitas Islam Negeri Sunan Kalijaga.

Romli, Khomsarial. 2011. Komunikasi Organisasi lengkap. Jakarta : PT Grasindo.

Siregar, R. T., Enas, U., Putri, D. E., Hasbi, I., Ummah, A. H.. (2021). Komunikasi Organisasi. January, 1–10. https://repository.penerbit widina.com/id/publications/338840/komunikasi-organisasi

Supartha, W. Gede, & Sintaasih, D. K. (2017). Pengantar perilaku Organisasi: Teori, kasus dan Aplikasi penelitian. Bali: Universitaa Udayana.

Swandhana, Hendry. (Juni 2017). Peranan Komunikasi Horizontal dalam Peningkatan Kinerja Pada Prime Sauce. PERFORMA: Jurnal Manajemen dan Start-Up Bisnis Volume 2, Nomor 2.

Syafitri, Roswita. (2009). Komunikasi Organisasi Formal. Medan: Universitas Sumatera Utara.

Widiarto, Didik Sugeng. (2018). Pola Komunikasi Organisasi: Komunikasi Vertikal Pada CV. Kios Cetak Utama Surabaya. MetaCommunication; Journal Of Communication Studies. P-ISSN: 2356-4490 Vol 3 No 1 Maret 2018.

Published
2021-04-30
How to Cite
Hamboer, M., & Enoh, M. (2021). POLA KOMUNIKASI EFEKTIF DALAM IMPLEMENTASI PEMBATASAN SOSIAL PENANGGULANGAN COVID-19 DI JABODETABEK. KOMUNIKATA57, 2(1), 37-43. https://doi.org/10.55122/kom57.v2i1.236
Section
Articles