HUBUNGAN KREDIBILITAS ARTIS K-POP SEBAGAI BRAND AMBASSADOR PADA KEPUTUSAN PEMBELIAN DI KALANGAN PENGGEMAR
Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk mengukur dan menganalisis hubungan kredibilitas artis K-pop BTS sebagai Brand Ambassador Samsung di kalangan ARMY Indonesia dengan menggunakan teori kredibilitas sumber. Metode yang digunakan adalah kuantitatif korelasional dengan menggunakan sumber data primer dan sekunder. Populasi yang digunakan dalam penelitian ini merupakan ARMY Indonesia dengan sampel sebanyak 100 responden. Teknik pengambilan sampel yang dilakukan menggunakan purposive sampling. Peneliti menggunakan teknis analisis data uji korelasi Pearson Product Moment, uji koefisien determinasi, dan uji hipotesis menggunakan uji t. Kredibilitas brand ambassador diukur berdasarkan dimensi keahlian, kepercayaan, dan daya tarik. Sedangkan keputusan pembelian diukur berdasarkan dimensi pengenalan kebutuhan, pencarian informasi, evaluasi alternatif, keputusan pembelian, dan pasca pembelian yang didukung dengan model AIDA. Hasil uji korelasi variabel X (kredibilitas brand ambassador) dengan variabel Y (keputusan pembelian) menunjukkan korelasi sebesar 0,341. Hasil uji koefisien determinasi sebesar 11,6% dan hasil uji hipotesis dengan uji t sebesar 3,591 yang artinya Ha diterima dan Ho ditolak. Kesimpulannya bahwa terdapat hubungan antara kredibilitas artis K-pop BTS sebagai brand ambassador Samsung dengan keputusan pembelian di kalangan ARMY Indonesia.
References
Arbar, T. F. (2019, October 12). Menggunung, Ini Deretan Brand yang Jadikan BTS Ambassador! CNBC Indonesia. https://www.cnbcindonesia.com/lifestyle/20191012111828-33-106461/menggunung-ini-deretan-brand-yang-jadikan-bts-ambassador
Bansal, A., & Goyal, A. (2019). THE INFLUENCE OF CELEBRITY ENDORSEMENTS ON PRODUCT PURCHASE DECISIONS: A STUDY OF KURUKSHETRA DISTRICT OF HARYANA STATE. Journal of Management Research and Analysis, 06(1), 276–290.
Chan, T. (2021, August 27). Power of BTS Compels You: These BTS-Backed Phones Broke Pre-Order Records for Samsung. RollingStone. https://www.rollingstone.com/product-recommendations/electronics/bts-samsung-phone-galaxy-z-flip-fold-3-1218006/
Do, T. E. (2012). EMERGENCE OF THE KOREAN POPULAR CULTURE IN THE WORLD. Turku University.
Ilmi, S., Pawenang, S., & Marwati, F. S. (2020). PENGARUH CHOI SIWON SEBAGAI BRAND AMBASSADOR, BRAND IMAGE (CITRA MEREK) DAN CITA RASA TERHADAP KEPUTUSAN PEMBELIAN MIE KOREAN SPICY CHICKEN. Edunomika, 4(1), 103–113.
Korea Research Institutions – Korea-EU Research Centre. (2021). https://k-erc.eu/, https://k-erc.eu/for-european-researchers/korea-research/
Putsanra, D. V. (2021, September 21). BTS UNGA 2021: Isi Pidato BTS di PBB, Apa UNGA & Cara Nonton. Tirto. https://tirto.id/bts-unga-2021-isi-pidato-bts-di-pbb-apa-itu-unga-cara-nonton-gjG5
Rahmadani, A., & Anggarini, Y. (2021). Pengaruh Korean Wave dan Brand Ambassador pada Pengambilan Keputusan Konsumen. 22(1), 59–72.
Ramadhanti, shafira, & Usman, O. (2021). Influence of Brand Ambassador BTS, Brand Image, and Product Quality on Tokopedia E-Commerce Purchase Decision. SSRN Electronic Journal. https://doi.org/10.2139/ssrn.3768614
Riduwan, R. (2014). Pengantar Statistika Sosial. Alfabeta.
Sabrina, N., Azwar, A., & Sofa, N. (2018). PENGARUH KREDIBILITAS BRAND AMBASSADOR SELEBRITI TERHADAP KEPUTUSAN PEMBELIAN PRODUK PADA IKLAN WARDAH VERSI DEWI SANDRA (STUDI KASUS MAHASISWI UIN JAKARTA FAKULTAS EKONOMI DAN BISNIS). Epigram, 14(2), 143–152. https://doi.org/10.32722/epi.v14i2.1092
Setiawan, R., & Candraningrum, D. A. (2021). Pengaruh Kredibilitas Public Figure terhadap Keputusan Pembelian (Survei Penggunaan Brand Ambassador Chelsea Islan dalam Kampanye Pink Voice Starbucks). Prologia, 5(1), 115–120. https://doi.org/10.24912/pr.v5i1.8165
Sugiyono, S. (2015). Statistika untuk Penelitian. Alfabeta.
Sugiyono, S. (2019). Metode Penelitian Kuantitatif, Kualitatif, dan R&D. Alfabeta.
Yonhap. (2020, August 9). Samsung Seeks More Marketing Collaborations with BTS, other ‘Hallyu’ Stars. Korea Times. https://www.koreatimes.co.kr/www/tech/2020/08/133_294090.html
Copyright (c) 2022 Erni Meilina, Retno Dyah Kusumastuti
This work is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License.