PERAN MEDIA SOSIAL INSTAGRAM SEBAGAI MEDIA SELF DISCLOSURE PADA AKUN INSTAGRAM @sacessahci

  • Siti Aisyah Universitas Muhammadiyah Tangerang
  • Asriyani Sagiyanto Universitas Bina Sarana Informatika
  • Devy Putri Kussanti Universitas Bina Sarana Informatika
Keywords: Komunikasi Antarpribadi, Self Disclosure, Instagram

Abstract

Instagram @sacessahci yang memiliki jumlah pengikut sebanyak 14,5 ribu. Akun Instagram Sacesssahci kerap kali membagikan postingan berupa tulisan tentang apa yang sedang dipikirkan atau dirasakan olehnya baik dalam berbentuk foto maupun video. Tidak jarang, Sacessahci juga berinteraksi dengan pengikutnya dengan memberikan pertanyaan di fitur Ask Me Question (QnA) atau Question Box yang merupakan salah satu fitur Instagram. Berdasarkan permasalahan tersebut penelitian ini bertujuan untuk mengetahui bagaimana peran media sosial Instagram sebagai media self disclosure pada akun Instagram @sacesahci. Dengan menggunakan metode deskriptif kualitatif dan teknik pengambilan data berupa data primer dan sekunder. Berdasarkan hasil penelitian ditemukan bahwa terdapat dua peran yaitu bagi pengelola akun Instagram @sacessahci dan pengikutnya. Bagi pengelola akun Instagram @sacesahci, berperan sebagai media untuk menemukan teman sefrekuensi dan mengekspresikan diri sedangkan bagi pengikutnya berperan untuk validasi emosi, hiburan, dan informasi seputar kosa-kata baru.

References

Abidin, S. (2013). DIKTAT (REVISI) KOMUNIKASI ANTAR PRIBADI.

Dora, R. E. (2017). SELF DISCLOSURE MUSLIMAH BERHIJAB DI MEDIA SOSIAL INSTAGRAM (Studi Deskriptif Kepada Anggota Komunitas Hijabers Malang). https://eprints.umm.ac.id/35399/

Erni. (2017). ANALISIS PESAN VERBAL DAN NON VERBAL PADA TULISAN DI MOBIL TRUK. http://repository.iainpare.ac.id/490/1/13.3100.001.pdf

Kemp, S. (2022). Digital 2022: Indonesia — DataReportal – Global Digital Insights. https://datareportal.com/reports/digital-2022-indonesia

Kusuma, F. M. (2018). BAB II POLA KOMUNIKASI KELOMPOK PADA ANGGOTA KOMUNITAS MOTOR CUSTOM “STALEN ZUIGER’ DALAM MEMPERTAHANKAN EKSISTENSI. 10–55. https://eprints.umm.ac.id/42533/

Mahendra, T. I. (2017). Peran Media Sosial Instagram Dalam Pembentukan Kepribadian Remaja Usia 12-17 Tahun di Kelurahan.

Nasrullah, R. (2018). RISET KHALAYAK DIGITAL: PERSPEKTIF KHALAYAK MEDIA DAN REALITAS VIRTUAL DI MEDIA SOSIAL. Jurnal Sosioteknologi, 17(2), 271. https://doi.org/10.5614/SOSTEK.ITBJ.2018.17.2.9

Nova, A. A. (2019). BAB II Self-Disclosure Ibu Tunggal Yang Memiliki Anak Berkebutuhan Khusus. https://elibrary.unikom.ac.id/id/eprint/2348/

Pratama. (2017). SOSIAL MEDIA DAN ANAK MUDA SAAT INI - UNUD | Universitas Udayana. https://www.unud.ac.id/in/berita1562-SOSIAL-MEDIA-DAN-ANAK-MUDA-SAAT-INI.html

Putri, D. M. (2022). MODUL KOMUNIKASI ANTAR PRIBADI.

Ruliana, P., & Lestari, P. (2019). Teori Komunikasi - Repository UPN “Veteran†Yogyakarta. http://eprints.upnyk.ac.id/24075/

Sagiyanto, A., & Ardiyanti, N. (2018). SELF DISCLOSURE MELALUI MEDIA SOSIAL INSTAGRAM (Studi Kasus Pada Anggota Galeri Quote). Nyimak (Journal of Communication), 2(1). https://doi.org/10.31000/NYIMAK.V2I1.687

Wardana, D. A. (2019). Suka Curhat? Ketahui 3 Tempat Curhat Online Paling Enak! - Riliv Story. https://riliv.co/rilivstory/suka-curhat-ketahui-3-tempat-curhat-online-paling-enak/

Published
2022-11-10
How to Cite
Aisyah, S., Sagiyanto, A., & Kussanti, D. (2022). PERAN MEDIA SOSIAL INSTAGRAM SEBAGAI MEDIA SELF DISCLOSURE PADA AKUN INSTAGRAM @sacessahci. KOMUNIKATA57, 3(2), 100-106. https://doi.org/10.55122/kom57.v3i2.590
Section
Articles